logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur

Komplek Perkantoran Bukit Menderang, Desa Rano, Muara Sabak, Tanjung Jabung Timur

Sejarah Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur

Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur berawal dari Keputusan Presiden Nomor 1 Tahun 2006 Tentang Pembentukan Pengadilan Negeri Pasaman Barat, Pengadilan Negeri Tebo, Pengadilan Negeri Sarolangun, Pengadilan Negeri Kutai Barat, Pengadilan Negeri Mandailing Natal, Dan Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur Dan Diubah Dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2006 tentang Perubahan Atas Keputusan Presiden Nomor 1 Tahun 2006 Tentang Pembentukan Pengadilan Negeri Pasaman Barat, Pengadilan Negeri Tebo, Pengadilan Negeri Sarolangun, Pengadilan Negeri Kutai Barat, Pengadilan Negeri Mandailing Natal, Dan Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur.

Mahkamah Agung melalui Pengadilan Tinggi Jambi telah membangun Gedung Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur yang berlokasi di Komplek Perkantoran Bukit Menderang Desa Rano Muara Sabak. Komplek Perkantoran Bukit Menderang adalah komplek tersendiri yang menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Tanjung Jabung Timur, terpisah dari zona pemukiman dan perdagangan. Peresmian berdirinya Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur dilaksanakan secara bersamaan pada saat peresmian 4 (empat) Pengadilan Negeri yang baru, yaitu : Pengadilan Negeri Sambas, Pengadilan Negeri Sarolangun, Pengadilan Negeri Tebo, Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur.

Peresmian 4 (empat) Pengadilan Negeri yang baru diresmikan oleh Ketua Mahkamah Agung RI Prof. Dr. Bagir Manan, SH, MCL. di Sambas, Kalimantan Barat pada tanggal 31 Juli 2007. Peresmian pemakaian gedung Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur dilaksanakan oleh Ketua Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur (Ibnu Basuki Widodo,SH.MH) pada hari Senin tanggal 27 Agustus 2007 di Tanjung Jabung Timur, dengan pembukaan selubung papan nama oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jambi (Her Basuki Sukendro,SH) dan pengguntingan pita oleh Bupati Tanjung Jabung Timur (Drs.H.Abdullah Hich).

Dengan dibentuknya Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur ini, maka kebutuhan masyarakat pencari keadilan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur telah terwujud. Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur bertugas menyelengarakan administrasi pengadilan, dimana oleh undang undang dibedakan dalam 2 (dua) administrasi yaitu administrasi perkara dan administrasi umum.






  • Berita Terbaru Mahkamah Agung

  • tidak dapat menampilkan berita ...
  • Berita Informasi Badan Peradilan Umum (Badilum)

  • tidak dapat menampilkan berita ...
  • Data Mutasi Hakim (TPM Hakim) Mahkamah Agung Republik Indonesia

  • tidak dapat menampilkan berita ...
  • Data Mutasi Panitera (TPM Panitera) Mahkamah Agung Republik Indonesia

  • tidak dapat menampilkan berita ...