logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur

Komplek Perkantoran Bukit Menderang, Desa Rano, Muara Sabak, Tanjung Jabung Timur

Berita Badan Peradilan Umum

Berikut ini adalah berita terbaru Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Republik Indonesia.

berisikan tentang Informasi Berita dan Informasi Pengumuman dari Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung.

  • Berita Informasi Badan Peradilan Umum (Badilum)

    • Peningkatan Kualitas Tenaga Teknis Kepaniteraan Badan Peradilan Umum 16 -18 Oktober 2019 Di Pangkal Pinang

      direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum M.a.r.i Menyelenggarakan Kegiatan Peningkatan Kualitas Tenaga Teknis Kepaniteraan Pada Tanggal 16 S.d. 18 Oktober 2019 Di Pangkal Pinang. Pada Kegiatan Ini Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Dr. H. Prim Haryadi,  s.h., M.h., Membuka Sekaligus Memberikan Pengarahan Mengenai Peran Penting Panitera Dalam Pelaksanaan Tugas Administrasi Di Pengadilan.  Jumlah Peserta Kegiatan  40 Orang, Terdiri Dari Panitera, Panitera Muda Dan Panitera Pengganti Pengadilan Negeri Dalam Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Bangka Belitung. Narasumber Pada Kegiatan Ini Dr. Haswandi, S.h., S.e., M.hum., Mm. (direktur Binganis), Bukaeri, S.h., M.h. (panitera Pengadilan Tinggi Jakarta), Yan Witra, S.h., M.h. (panitera Pn Tanggerang). Tujuan Kegiatan  untuk Meningkatkan Kemampuan Teknis Para Panitera, Panitera Muda, Dan  panitera Pengganti Dalam Melaksanakan Tugas Sehari-hari. (tpu)

    • Profile Assessment Calon Pejabat Eselon Iv Di Lingkungan Ditjen Badilum 2019

      jakarta, 22 Oktober 2019,bertempat Di Lantai 12 Gedung Sekretariat Mahkamah Agung Ri Pada Pukul 08.00 Wib, Dilaksanakan Profile Assessment Guna Melihat Kemampuan, Kepemimpinan, Ketrampilan Dalam Menyelesaikan Masalah (problem Solving) Dan Pengambilan Keputusan (decision Making) Secara Cepat Dan Tepat Bagi Pegawai Di Lingkungan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum. Kegiatan Ini Dibuka Oleh Dirjen Badilum Dengan Jumlah Perserta Sebanyak 45 Pengawai.

    • Pisah Sambut Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum

      pada Hari Rabu, Tanggal 03 Oktober 2019  Pukul10:00 Wib, Telah Dilaksanakan Pisah Sambut Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, Antara Dirjen Badilum Yang Baru Dr Prim Haryadi Sh Mh, Dengan Dirjen Badilum Yang Lama Sekaligus Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya, Dr Herri Swantoro Sh Mh.

      kegiatan Ini Dhadiri Seluruh Pejabat Dan Staf Direktorat Jenderal badan Peradilan Umum. Turut Hadir Para Undangan, Antara Lain, Kepala Balitbang Diklat Kumdil Ma Ri, dr. Zarof Ricar Sh, S.sos, M.hum, Kepala Badan Pengawasan Ma Ri, Nugroho Setiadji, Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama, Dr. Drs. H. Aco Nur, S.h., M.h Dan Direktur Jenderal Peradilan Militer Dan Tun Hj. Lulik Tri Cahyaningrum, Sh., Mh, Serta Para Pimpinan Pengadilan Di Lingkungan Badan Peradilan Umum.

    • Surat Permohonan Maaf Atas Tindakan Merekayasa Dan Menyebarluaskan Berita Palsu (hoax) Tentang Hasil Tpm Hakim 8 Agustus 2019

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      surat Pernyataan Permohonan Maaf.pdf 32 Kb3433
    • Pemanggilan Peserta Bimbingan Teknis Sistem Informasi Penelusuran Perkara (sipp) 3.2.0.-6 Untuk Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Makassar Dan Sekitarnya Tahun Anggaran 2019

      pemanggilan Peserta Bimbingan Teknis

      sistem Informasi Penelusuran Perkara (sipp) 3.2.0.-6

      untuk Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Makassar Dan Sekitarnya

      tahun Anggaran 2019

      lampiran
      filedescriptionfile Sizedownloads
      jadwal Acara Bimtek Makassar 2019.pdf 132 Kb297
      sk Peserta Bimtek Sipp Makassar 2019.pdf 1233 Kb674
      st Peserta Bimtek Sipp Makassar 2019.pdf 979 Kb535
      surat Undangan Bimtek Makasssar 2019.pdf 516 Kb374
    • Peningkatan Kualitas Tenaga Teknis Bagi Jurusita

      direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum M.a.r.i Menyelenggarakan Kegiatan Peningkatan Kualitas Tenaga Teknis Bagi Jurusita Pada Tanggal 31 Juli S.d. 2 Agustus 2019. Acara Dilaksanakan Di Prime Plaza Hotel Sanur " Bali Di Kota Denpasar Dan Dibuka Secara Bersamaan Dengan Kegiatan Penyusunan Pagu Indikatif Dipa 03 T.a. 2020 Di Lingkungan Peradilan Umum Oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Bapak Dr. Herri Swantoro, S.h., M.h. Kegiatan Diikuti Oleh 41 Peserta Jurusita / Jurusita Pengganti Pengadilan Negeri Dalam Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Denpasar Dan Pengadilan Tinggi Mataram Dengan Narasumber  Dr. Haswandi, S.h., S.e., M.hum., Mm. (direktur Binganis), H. Adi Wahyono, S.h., M.hum (panitera Pt Kupang), Yan Witra, S.h., M.h. (panitera Pn Tanggerang) Dan Tavip Dwi Jatmiko, S.h., M.h. (panitera Pn Jakbar) Dengan Tujuan Untuk Meningkatkan Kemampuan Teknis Para Jurusita / Jurusita Pengganti Pengadilan Negeri Dalam Melaksanakan Tugas Sehari-hari, Kegiatan Ditutup Oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Bapak Dr. Herri Swantoro, S.h., M.h. Dengan Menekankan Pentingnya Profesionalitas Dan Kedisiplinan Diri Yang Tinggi Dalam Menjalankan Tugas. (tpu)

    • Pembahasan Roadmap Sistem Informasi Penelusuran Perkara

      direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum M.a.r.i Menyelenggarakan Kegiatan Pembahasan Roadmap Sistem Informasi Penelusuran Perkara (sipp) Tahun 2019. Acara Yang Dilaksanakan Di Hotel Rocky Bukittinggi Pada Tanggal 16 S.d. 18 Juli 2019 Dibuka Oleh Direktur Jenderal Badilum, Dr. H. Herri Swantoro, S.h., M.h Dan Diikuti Oleh 45 Orang Peserta Yang Ditunjuk. Berbagai Masukan Dan Rencana Pengembangan Dalam Roadmap Diharapkan Akan Menjadikan Sipp Semakin Mudah Untuk Diimplementasikan, Termasuk Mengenai Penggunaan Tanda Tangan Elektronik Dalam Setiap Template Yang Ada. Dengan Penyusunan Roadmap Diharapkan Pengembangan Sipp Dapat Lebih Berdaya Guna Dan Berhasil Guna Sesuai Dengan Waktu Yang Ditentukan, Ungkap Dirjen Badilum Ketika Membuka Acara. Hal Yang Sama Juga Diungkapkan Kembali Oleh Zahlisa Vitalita, Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Umum Ketika Menutup Acara, Karena Pengembangan Sipp Yang Baik Dan Terencana Akan Dapat Menjadi Sarana Percepatan Terwujudnya Badan Peradilan Yang Agung. (seg)

    • Evaluasi Kinerja Melalui Teleconference

      jakarta, 10 Juli 2019, Dalam Rangka Efektifitas Pelayanan Dan Pembinaan Terhadap Pengadilan Tinggi Dan Satker Di Bawahnya, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Dalam Hal Ini Direktur Jenderal Dan Para Pejabat Eselon Ii Mengadakan Evaluasi Kinerja Melalui Teleconference.

      kegiatan Dilaksanakan Tanggal 9 Dan 10 Juli 2019, Bertempat Di Ruang Rapat Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Lantai 3. Pada Tanggal 9 Juli 2019 , Teleconference Terhadap 3 (tiga) Satker, Yaitu Pt Jayaputra, Pt Surabaya Dan Pt Pekan Baru.

      kemudian Dilanjutkan Hari Rabu Tanggal 10 Juli 2019, Teleconference Dengan Pt Makassar, Pt Bengkulu, Pt Mataram Dan Pt Banjarmasin

       

    • Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mengucapkan Turut Berduka Cita Atas Meninggalnya Putra Ym Ketua Mahkamah Agung Ri

    • Halal Bihalal Pejabat/pegawai Mari Di Gedung Sekretariat Mahkamah Agung Ri 1440 H

      jakarta, 11 Juni 2019 Pukul 09.00 Wib, Dilaksanakan Halal Bihalal Pejabat/pegawai Mari Di Gedung Sekretariat Mahkamah Agung Ri

      acara Ini Dihadiri Oleh Sekretaris Mahkamah Agung Ri Dan Para Pejabat Serta Pegawai Mari Di Gedung Sekretariat Mahkamah Agung Ri.

    • Shortcourse Pedoman Penyelesaian Perkara Hak Kekayaan Intelektual (hki)

      direktur Jenderal Badan Peradilan Umum M.a.r.i. Bekerjasama Dengan Japan International Cooporation Agency (jica) Pada Tanggal 28 S.d. 30 April 2019 Menyelenggarakan Kegiatan Shortcourse Pedoman Penyelesaian Perkara Hak Kekayaan Intelektual (hki), Bertempat Di Natsepa Resort & Conference Center Ambon Yang Diikuti Oleh 30 (tiga Puluh) Orang Peserta. Kegiatan Pembinaan Dibuka Oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Bapak Dr. Haswandi, S.h., S.e., M.hum., Mm. Dilanjutkan Dengan Pembinaan. Peserta Kegiatan Mendapatkan Materi Mengenai Pengantar Hki Secara Umum, Pengantar Hki Di Indonesia, Rahasia Dagang Dan Sesi Tanya Jawab Dari Para Pemateri Yang Berkompeten Di Bidangnya Yaitu Yugo Ishigami, Dr. Rahmi Mulyati, S.h., M.h., Didik Trisulistya, S.h., M.h. (mrf)

    • Peningkatan Kualitas Tenaga Teknis Bagi Panitera Pengganti

      direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum M.a.r.i Menyelenggarakan Kegiatan Peningkatan Kualitas Tenaga Teknis Bagi Panitera Pengganti Pada Tanggal 10 S.d. 12 April 2019. Acara Dilaksanakan Di Hotel Golden Tulip Kota Banjarmasin Dan Dibuka Oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Dr. Haswandi, S.h., S.e., M.hum., Mm. Yang Diikuti Oleh 50 (lima Puluh) Orang Peserta Panitera Pengganti Pengadilan Negeri Dalam Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Banjarmasin Dengan Narasumber Dr. Haswandi, S.h., S.e., M.hum., Mm. (direktur Binganis), H. Heru Pramono, S.h., M.hum (wakil Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin), H. Adi Wahyono, S.h., M.hum. (panitera Pt Kupang) Dan Tavip Dwi Jatmiko, S.h., M.h. (panitera Pn Jakbar) Dengan Tujuan Untuk Meningkatkan Kemampuan Teknis Para Panitera Pengganti Pengadilan Negeri Dalam Melaksanakan Tugas Sehari-hari. (tpu)

    • Pengadilan Negeri Cikarang Dari Sebuah Garasi Mencoba Mengukir Prestasi

    • Kunjungan Studi Banding Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Ke Spanyol

      pada Tanggal 5-12 April 2019, Jajaran Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Telah Mengadakan Kunjungan Dalam Rangka Studi Banding Ke Spanyol. Rombongan Dipimpin Oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, Dr. Herri Swantoro, Dan Diikuti Para Pejabat Eselon Ii, Dan Beberapa Ketua Pengadilan Negeri. Studi Banding Bertujuan Untuk Mepelajari Pengelolaan Peradilan Di Spanyol Dalam Rangka dalam Modernisasi Tata Kelola Peradilan.

    • Kegiatan Pembinaan Ketua Dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Tanggal 18-20 Maret 2019

      direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum M.a.r.i Telah Menyelenggarakan Pembinaan Ketua Dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Pada Tanggal 18 S.d. 20 Maret 2019, Bertempat Di Hotel Jw Marriott Surabaya Yang Diikuti Oleh 45 (empat Puluh Lima) Orang Peserta Yang Terdiri Dari Ketua / Wakil Ketua Pengadilan Negeri. Kegiatan Pembinaan Tersebut Dibuka Oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Bapak Dr. Herri Swantoro, S.h., M.h. Dilanjutkan Dengan Pembinaan Mengenai Konsep Kepemimpinan, Manajemen Risiko Dan Zona Integritas.

      menurut Dirjen Badilum Pemimpin Pengadilan Harus Menjadi Contoh Role Model Dengan Dasar Disiplin Diri, Mempunyai Kemampuan Untuk Memotivasi Dirinya Dan Memotivasi Orang Lain, Selain Daripada Itu Pemimpin Pengadilan Harus Juga Memiliki Kemampuan Teknis Administrasi, Kemampuan Berbicara Di Muka Umum Agar Dapat Bertugas Dengan Baik, Kemampuan Memecahkan Masalah Sehingga Bisa Mengembangkan Organisasi Ke Arah Yang Lebih Baik.

      peserta Kegiatan Juga Mendapatkan Materi Mengenai Integritas Dan Pengawasan, Pelaksanaan Dipa 01 Dan Dipa 03, Manajemen Kepemimpinan Dan Manajemen Peradilan Umum Dari Para Narasumber Yang Berkompeten Dibidangnya.






  • Berita Terbaru Mahkamah Agung

    • Dr. Suhadi Melantik Pengurus Pusat Ikahi Periode 2019-2022

      jakarta " Humas Ma: Ketua Umum Ikahi (ikatan Hakim Indonesia) Periode 2019-2022, Dr. Suhadi, Sh., Mh, Melantik Pengurus Ikahi Pada Jum'at Pagi, 6 Desember 2019 Di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta. Acara Ini Merupakan Tindak Lanjut Acara Musyawarah Nasional Ikahi Ke Xix Di Hotel Inter Continental, Bandung Pada 5-7 November Lalu.

      suhadi Yang Juga Merupakan Ketua Kamar Pidana Mahkamah Agung Menyatakan Bahwa Pengurus Yang Dilantik Pagi Ini Merupakan Personil Terpilih Dan Handal Untuk Menggerakkan Roda Organisasi Dan Membawa Organisasi Ikahi Semakin Baik Dan Sukses Ke Depannya. Lebih Lanjut Suhadi Menjelaskan Bahwa Keberadaan Organisasi Ikahi Muncul Dari Kesadaran Akan Peran Strategis, Harkat Dan Martabat Serta Besarnya Peranan Yang Sedang Dan Akan Dihadapi Bangsa Indonesia Dalam Menegakkan Hukum Keadilan Dan Kebenaran Sehingga Hakim Indonesia Bertekad Menggalang Persatuan Dan Kesatuan Dalam Rangka Mengembangkan Profesionalisme Dalam Pembangunan Hukum Nasional. Menjadi Ketua Umum Ikahi Untuk Kedua Kalinya, Suhadi Mengatakan Bahwa Ikahi Siap Menjadi Pelopor Pelaksanaan Sistem Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi Serta Berjuang Mewujudkan Kualitas Atas Transparansi, Akuntabilitas, Dan Profesionalisme Hakim Dan Badan Peradilan Dalam Segala Aktivitasnya.

      pada Kesempatan Yang Sama, Suhadi Menjelaskan Bahwa Kebijakan Dan Program Kerja Ikahi Tidak Terpisah Dengan Visi Dan Misi Mahkamah Agung, Ikahi Harus Menjadi Kekuatan Utama Mahkamah Agung Dalam Penjabaran Implementasi Visi Dan Misinya Yaitu Untuk Mewujudkan Badan Peradilan Indonesia Yang Agung.

      untuk Itu, Suhadi Mengajak Dan Menghimbau Kepada Seluruh Pengurus Pusat Untuk Bekerja Sama Dan Sama-sama Bekerja Bahu-membahu Menjalankan Organisasi Yang Tercinta Ini. Komitmen, Konsisten, Dan Komunikasi Yang Efektif Merupakan Kata Kunci Untuk Kesuksesan Semua Perjuangan Dan Pengabdian Kita Kepada Organisasi Dan Institusi Mahkamah Agung. Kita Butuh Keikhlasan Dan Ketulusan Untuk Menjalani Organisasi Ini, Bukan Untuk Mencari Keuntungan Yang Bersifat Pribadi. Tegas Suhadi Pada Acara Yang Juga Dihadiri Oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial, Dr. Sunarto, Sh., Mh, Ketua Kamar Tun, Prof. Dr. Supandi, Sh., Mh., Dan Undangan Lainnya.

      selamat Bekerja Kepada Pengurus Pusat Ikahi 2019-2022, Kita Akan Memberikan Makna Bagi Bangsa Dan Negara Serta Kemanusiaan, Kata Suhadi Menutup Sambutannya.

      jayalah Mahkamah Agung Republik Indonesia, Jayalah Hakim Indonesia, Jayalah Ikahi!

      (azh/rs/photo: Pn)

    • Mahkamah Agung Inisiasi Penerbitan Glosarium Peradilan

      jakarta"humas: Dalam Rangka Memenuhi Kebutuhan Mahkamah Agung Terhadap Penerjemahan Peraturan Perundang-undangan Yang Dikeluarkan Serta Dokumen-dokumen Penting Yang Perlu Diketahui Oleh Masyarakat Dunia Internasional, Mahkamah Agung Berinisiatif Untuk Menerbitkan Glosarium Peradilan Indonesia.

      hal Tersebut Terungkap Dalam Kegiatan Pertemuan Penyusunan Glosarium Peradilan Yang Dilaksanakan Di Jakarta, Senin-selasa (2-3/12/2019) Kemaren. Selain Diisi Dengan Pendalaman Materi Yang Disampaikan Oleh Dora Amalia Dari Pusat Bahasa Dan Adhyastri Karmisanti Wirajuda Dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Pertemuan Juga Diisi Dengan Pembahasan Rancangan Glosarium Yang Akan Diterbitkan.

      pembahasan Sendiri Dilakukan Oleh Satuan Tugas Penerjemahan Mahkamah Agung Yang Telah Dibentuk Satu Tahun Lalu Berdasarkan Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung. Mereka Terdiri Dari Jabatan Fungsional Penerjemah Dan Hakim-hakim Yang Dipandang Memiliki Kemampuan Berbahasa Inggris.

      dalam Sambutannya Saat Membuka Pertemuan Ini, Kepala Biro Hukum Dan Humas, Abdullah Menjelaskan Bahwa Glosarium Yang Memuat Padanan Kata Dan Istilah Peradilan Dalam Bahasa Indonesia Dan Inggris Ini Merupakan Kebutuhan Yang Dirasakan Selama Bertahun-tahun. Kendati Demikian, Belum Ada Upaya-upaya Konkret Untuk Merealisasikannya, Ujar Abdullah Yang Juga Bertindak Selaku Ketua Satuan Tugas Penerjemahan Itu.

      karena Itu, Lanjut Abdullah, Pertemuan Yang Mulai Membahas Lema-lema Yang Akan Dimasukkan Dalam Glosarium Ini Merupakan Momen Yang Bersejarah Bagi Mahkamah Agung. Setidaknya Hari Ini Menandai Ikhtiar Tersebut, Ungkap Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Bangka Belitung Itu.

      kecuali Dimaksudkan Sebagai Acuan Dan Pedoman Dalam Penerjemahan Di Mahkamah Agung, Glosarium Ini Nantinya Dapat Dijadikan Sebagai Sumbangsih Mahkamah Agung Dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan Hukum, Khususnya Pengembangan Penerjemahan Bahasa Inggris Hukum.

      embrio Dari Kamus Kolokasi Bidang Peradilan

      sementara Itu, Sekretaris Satuan Tugas Penerjemahan, Mohammad Noor Menjelaskan Bahwa Lema-lema Yang Akan Dimasukkan Dalam Glosarium Nantinya Meliputi Lima Hal, Yakni Hukum Acara Peradilan, Administrasi Perkara, Administrasi Persidangan, Nomenklatur Lembaga Dan Jabatan Di Mahkamah Agung Dan Badan-badan Peradilan Dibawahnya Serta Manajemen Pengadilan.

      jumlah Lema Yang Akan Mengisi Glosarium Peradilan Nantinya, Lanjut Mantan Hakim Pengadilan Agama Cilegon Itu, Diharapkan Mencapai Lebih Dari Jumlah Lema Standar Untuk Bidang Tertentu. Biasanya Jumlah Lema Minimum Untuk Suatu Bidang Itu Mencapai 800-1000 Lema, Ujar Hakim Yustisial Biro Hukum Dan Humas Tersebut.

      glosarium Peradilan Ini Nantinya Akan Dikembangkan Secara Bertahap Menjadi Kamus Kolokasi Bidang Peradilan. Glosarium Ini Adalah Embrionya, Tegasnya.

      glosarium Sendiri Akan Dikembangkan Secara Bertahap Mulai Dari Sekedar Padanan Kata Bahasa Indonesia Ke Dalam Bahasa Inggris, Kemudian Akan Dilengkapi Dengan Deskripsi Yang Menjelaskan Arti Dari Masing-masing Lema Berikut Contoh Penggunaannya Dalam Kalimat. Dari Sini Kemudian Akan Dikembangkan Menjadi Kamus Kolokasi.

      disambut Antusias Praktisi

      menanggapi Rencana Mahkamah Agung Tersebut, Dua Narasumber Yang Terlibat Dalam Pertemuan Tersebut Menyambut Baik Inisiasi Tersebut. Dora Amalia Yang Saat Ini Menjadi Pemimpin Redaksi Kamus Besar Bahasa Indonesia Menjelaskan Bahwa Inisiasi Mahkamah Agung Melakukan Penyunan Glosarium Tersebut Cukup Spesifik. Pihaknya Sejauh Ini Pernah Melakukan Penyusunan Glosarium Untuk Kategori Besar, Seperti Hukum Pidana, Maritim Dan Perdagangan.

      jika Mahkamah Agung Dapat Menyelesaikan Glosarium Peradilan Ini, Sudah Pasti Akan Menambah Khazanah Perkamusan Di Tanah Air, Ungkap Doktor Jebolan Program Linguistik Universitas Indonesia Itu.

      sementara Itu, Adhyastri Karmisanti Wirajuda, Dosen Fakultas Hukum Universitas Indonesia Yang Turut Menjadi Narasumber Dalam Pertemuan Tersebut Juga Menyambut Antusias Inisiasi Mahkamah Agung Tersebut. Meskipun Dimaksudkan Penggunaannya Untuk Kebutuhan Internal Mahkamah Agung, Pihak Eksternal Pasti Menantikan Kreasi Ini, Ujar Dosen Yang Biasa Dipanggil Astrid Itu.

      menurut Alumus Kyushu University Jepang Itu, Dalam Praktek Penerjemahan Hukum, Lema-lema Terkait Peradilan Tersebut Sangat Sulit Ditemukan. Perlu Usaha Keras Untuk Menerjemahkan Kosakata Bidang Peradilan Tersebut Ke Dalam Bahasa Inggris, Ungkapnya Menjelaskan.

      disamping Itu, Dosen Yang Menjadi Penguji Untuk Ujian Penerjemah Tersumpah Tersebut Menjelaskan Bahwa Dalam Ujian Penerjemah Tersumpah, Banyak Peserta Yang Tidak Lulus Dalam Penerjemahan Bidang Peradilan. Penyebabnya Adalah Minimnya Referensi Terkait Hal Tersebut, Ungkapnya Menjelaskan.

      hal Ini, Lanjut Penerjemah Tersumpah Tersebut, Berbeda Dengan Kosakata Kontrak Yang Banyak Memiliki Referensi. Peserta Tidak Banyak Mengalami Kesulitan, Tegasnya.

      rencananya Penggunaan Glosarium Bidang Peradilan Ini Nantinya Akan Dibuatkan Payung Hukum, Sehingga Dapat Dijadikan Pedoman Dalam Penerjemahan Peraturan Dan Dokumen-dokumen Mahkamah Agung. (humas/mohammad Noor)

  • Berita Informasi Badan Peradilan Umum (Badilum)

    • Peningkatan Kualitas Tenaga Teknis Kepaniteraan Badan Peradilan Umum 16 -18 Oktober 2019 Di Pangkal Pinang

      direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum M.a.r.i Menyelenggarakan Kegiatan Peningkatan Kualitas Tenaga Teknis Kepaniteraan Pada Tanggal 16 S.d. 18 Oktober 2019 Di Pangkal Pinang. Pada Kegiatan Ini Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Dr. H. Prim Haryadi,  s.h., M.h., Membuka Sekaligus Memberikan Pengarahan Mengenai Peran Penting Panitera Dalam Pelaksanaan Tugas Administrasi Di Pengadilan.  Jumlah Peserta Kegiatan  40 Orang, Terdiri Dari Panitera, Panitera Muda Dan Panitera Pengganti Pengadilan Negeri Dalam Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Bangka Belitung. Narasumber Pada Kegiatan Ini Dr. Haswandi, S.h., S.e., M.hum., Mm. (direktur Binganis), Bukaeri, S.h., M.h. (panitera Pengadilan Tinggi Jakarta), Yan Witra, S.h., M.h. (panitera Pn Tanggerang). Tujuan Kegiatan  untuk Meningkatkan Kemampuan Teknis Para Panitera, Panitera Muda, Dan  panitera Pengganti Dalam Melaksanakan Tugas Sehari-hari. (tpu)

    • Profile Assessment Calon Pejabat Eselon Iv Di Lingkungan Ditjen Badilum 2019

      jakarta, 22 Oktober 2019,bertempat Di Lantai 12 Gedung Sekretariat Mahkamah Agung Ri Pada Pukul 08.00 Wib, Dilaksanakan Profile Assessment Guna Melihat Kemampuan, Kepemimpinan, Ketrampilan Dalam Menyelesaikan Masalah (problem Solving) Dan Pengambilan Keputusan (decision Making) Secara Cepat Dan Tepat Bagi Pegawai Di Lingkungan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum. Kegiatan Ini Dibuka Oleh Dirjen Badilum Dengan Jumlah Perserta Sebanyak 45 Pengawai.

  • Data Mutasi Hakim (TPM Hakim) Mahkamah Agung Republik Indonesia