berakhlak
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur

Komplek Perkantoran Bukit Menderang, Desa Rano, Muara Sabak, Tanjung Jabung Timur

Berita Badan Peradilan Umum

Berita Badan Peradilan Umum

Berikut ini adalah berita terbaru Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Republik Indonesia.

berisikan tentang Informasi Berita dan Informasi Pengumuman dari Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung.

  • Berita Informasi Badan Peradilan Umum (Badilum)

    • Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Kunjungi Pengadilan Negeri Kepanjen Kabupaten Malang

      dalam Rangkaian Perjalanan Dinas Di Wilayah Provinsi Jawa Timur, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Ri, H. Bambang Myanto, S.h., M.h. Melakukan Kunjungan Ke Pengadilan Negeri Kepanjen Yang Berlokasi Di Kabupaten Malang, Pada Hari Senin, 15 Juli 2024. dalam Kunjungan Kerja Ini, Beliau Disambut Oleh Pengadilan Negeri Kepanjen Ayun Kristiyanto, S.h., M.h Dan Wakil Pengadilan Negeri Kepanjen Amin Imanuel Bureni, S.h., M.h. Beserta Para Pejabat Dan Pegawai Di Satuan Kerja.

      pada Kunjungan Ini, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum,  Meninjau Meja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (ptsp) Di Pengadilan Negeri Kepanjen Dan Berbincang Dengan Petugas Meja Layanan. Kunjungan Ke Pengadilan Negeri Kepanjen Ini Merupakan Salah Satu Bentuk Pembinaan Dan Pengawasan Ditjen Badilum Kepada Satuan Kerja Pengadilan Negeri Di Bawahnya. Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum  Juga Berkesempatan Berdiskusi Dengan Para Hakim, Calon Hakim, Pejabat Dan Pegawai Pengadilan Negeri Kepanjen.

    • Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Berikan Penghargaan Kepada Pengadilan Tinggi Pembina Pengelolaan Anggaran Satuan Kerja Terbaik

      sebagai Penghargaan Terhadap Peran Pengadilan Tinggi Dalam Pembinaan Pengelolaan Anggaran Program Penegakan Dan Pelayanan Hukum (dipa 03) Di Pengadilan Negeri Selama Tahun Anggaran 2023 Yang Lalu, Ditjen Badilum Memberikan Penghargaan Kepada Pengadilan Tinggi Dengan Rata-rata Nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (ikpa) Tertinggi Di Wilayahnya. penghargaan Ini Diberikan Pada Rangkaian Kegiatan Penyusunan Rka-kl Dipa 03 Di Grand Mercure Malang Mirama, Jawa Timur Pada Hari Senin, 15 Juli 2024 Oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h. Didampingi Sekretaris Ditjen Badilum, Kurnia Arry Soelaksono, S.h., M.hum Dan Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya, Dr. H. Kresna Menon, S.h., M.hum.

      penghargaan Pembinaan Terbaik Dengan Kategori Jumlah Satuan Kerja Pengadilan Negeri Di Bawahnya Sejumlah 1 S.d. 10 Satker Diberikan Kepada Pengadilan Tinggi Bangka Belitung Dengan Nilai Rata-rata Ikpa 96,06%.

      penghargaan Pembinaan Terbaik Dengan Kategori Jumlah Satuan Kerja Pengadilan Negeri Di Bawahnya Sejumlah 11 S.d. 20 Satker Diberikan Kepada Pengadilan Tinggi Riau Dengan Nilai Rata-rata Ikpa 96,64%.

      penghargaan Pembinaan Terbaik Dengan Kategori Jumlah Satuan Kerja Pengadilan Negeri Di Bawahnya Lebih Dari 21 Satker Diberikan Kepada Pengadilan Tinggi Semarang Dengan Nilai Rata-rata Ikpa 94,73%.

    • Hadirkan Para Sekretaris Pengadilan Tinggi Seluruh Indonesia, Ditjen Badilum Susun Rencana Anggaran Program Penegakan Dan Pelayanan Hukum

      dalam Rangka Mempersiapkan Kegiatan Di Tahun Anggaran 2025, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mengadakan Kegiatan Penyusunan Rka-kl Program Penegakan Dan Pelayanan Hukum Dipa 03 Di Lingkungan Peradilan Umum. Kegiatan Ini Dibuka Langsung Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h kegiatan Berlangsung Di Grand Mercure Malang Mirama, Kota Malang, Jawa Timur Pada Tanggal 15-17 Juli 2024, Dengan Menghadirkan Para Sekretaris Serta Para Operator Pengelolaan Anggaran Dari 34 (tiga Puluh Empat) Pengadilan Tinggi Di Seluruh Indonesia. 

      dalam Sambutannya, Sekretaris Ditjen Badilum, Kurnia Arry Soelaksono, S.e., S.h., M.hum, Menyatakan Harapannya Agar Dengan Adanya Kegiatan, Penyusunan Dan Pengelolaan Anggaran Di Pengadilan Tinggi Dan Pengadilan Negeri Di Bawahnya Dapat Berjalan Lebih Baik Dan Efektif. ketua Pengadilan Tinggi Surabaya Dr. H. Kresna Menon, S.h.,m.hum, Sebagai Tuan Rumah Berbagi Pengalamannya Tentang Pentingnya Peran Sekretaris Pengadilan Tinggi Dan Pengadilan Negeri, Terutama Dalam Tersedianya Kebutuhan Anggaran Kegiatan Pengadilan. kegiatan Ini Juga Dihadiri Secara Online Oleh Kepala Biro Perencanaan Dan Organisasi, Sahwan, S.h., M.h. Dan Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Umum, Zahlisa Vitalita, S.h., M. Hum.

      program Penegakan Dan Pelayanan Hukum Di Pengadilan Tinggi Dan Pengadilan Negeri Yang Anggarannya Dibahas Dalam Kegiatan Ini Termasuk Program Pos Bantuan Hukum (posbakum), Sidang Di Luar Gedung Pengadilan, Dan Penanganan Perkara Tanpa Biaya (prodeo). para Sekretaris Pengadilan Tinggi Yang Hadir Antusias Mengikuti Acara Dan Berdiskusi Tentang Masalah Di Satuan Kerjanya. Misalnya, Sekretaris Pengadilan Tinggi Kalimantan Utara, Hasanuddin, S.h., Menceritakan Kendala Penanganan Perkara Di Daerah Kepulauan Dan Susah Diakses.

      selepas Pembukaankegiatan Ini, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h. Berkesempatan Berbincang Dengan Para Sekretaris Pengadilan Tinggi, Untuk Lebih Dekat Lagi Mengetahui Keadaan Penanganan Anggaran Di Daerah.

    • Tingkatkan Pemahaman Tertib Eksekusi, Ditjen Badilum Selenggarakan Bimtek Eksekusi Bagi Pengadilan Di Wilayah Indonesia Tengah

      "eksekusi Dan Putusan Adalah Mahkota Bagi Para Hakim." Hal Ini Yang Disampaikan Oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h., Pada Pembukaan Bimbingan Teknis Eksekusi Yang Dilaksanakan Secara Daring Pada Senin, 15 Juli 2024. Dilaksanakan Melalui Ruang Command Center Ditjen Badilum, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Memberikan Sambutannya Dengan Didampingi Oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum, Hasanudin, S.h., M.h., Dan Kepala Sub Direktorat Pengembangan Tenaga Teknis, herti Setiawati Rr, S.h., M.h. Pada Kesempatan Tersebut, Turut Hadir Memberikan Sambutan Adalah Ketua Pengadilan Tinggi Makassar, dr. H. Zainuddin, S.h., M.hum., Dan Ketua Pengadilan Tinggi Maluku Utara, h. Ahmad Shalihin, S.h., M.h. Bimtek Eksekusi Kali Ini Diikuti Oleh Tenaga Teknis Yang Terdiri Dari Hakim Dan Panitera Pada Pengadilan Tinggi Dan Pengadilan Negeri Di Wilayah Indonesia Tengah. Pada Pembukaan Bimtek Yang Berlangsung Dari Tanggal 15 Juli S.d. 18 Juli 2024, Dirjen Badilum Menyampaikan Akan Pentingnya Melaksanakan Eksekusi Demi Penyelesaian Perkara Yang Efektif Dan Efisien. Dirjen Badilum Juga Mengingatkan Bahwa Pelaksanaan Eksekusi Ini Juga Merupakan Salah Satu Kinerja Yang Dinilai Bagi Para Hakim, Khususnya Ketua Pengadilan Sebagai Pimpinan, Dan Tenaga Teknis Lainnya. Oleh Karena Itu, Dirjen Badilum Berpesan Agar Para Ketua Pengadilan Dapat Lebih Memperhatikan Mengenai Pelaksanaan Eksekusi Ini.

      selanjutnya, Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum Memaparkan Materi Mengenai Eksekusi Perkara Perdata. Materi Yang Disampaikan Di Antaranya Mengenai, Pengertian Eksekusi, Jenis-jenis Eksekusi, Dan Tata Cara Pelaksanaan Eksekusi. Di Sela-sela Penyampaian Materi, Para Peserta Menyampaikan Pertanyaan Dengan Antusias Sehingga Diskusi Berjalan Dengan Hidup Dan Lebih Interaktif. Selain Penyampaian Materi, Dirbinganis Juga Menyampaikan Mengenai Data Monev Terhadap Pelaksanaan Eksekusi. Data Ini Diharapkan Dapat Menjadi Acuan Bagi Para Tenaga Teknis Untuk Dapat Meningkatkan Kinerjanya Dalam Pelaksanaan Eksekusi.

    • Dukung Mahkamah Agung, Ditjen Badilum Ikuti Konsolidasi Laporan Keuangan Mahkamah Agung Semester I 2024

      dalam Rangka Penyusunan Dan Tertib Administrasi Pelaporan Keuangan Di Lingkungan Mahkamah Agung Ri, Badan Urusan Administrasi Mahkamah Agung Ri, Melalui Biro Keuangan, Menyelenggarakan Kegiatan Konsolidasi Laporan Keuangan Mahkamah Agung Ri Semester I Tahun 2024 Di Platinum Hotel Jimbaran, Bali, Tanggal 9 Juli S.d. 12 Juli 2024. Kegiatan Dibuka Oleh Sekretaris Mahkamah Agung Ri, Sugiyanto, S.h., M.h. Pada Tanggal 9 Juli 2024. Pada Kesempatan Tersebut Turut Hadir Kepala Biro Keuangan, Edy Yuniadi, S.sos., M.m., Kepala Biro Perencanaan Dan Organisasi, Sahwan, S.h., M.h., Ketua Pengadilan Tinggi Denpasar, H. Mochammad Hatta, S.h., M.h., Dan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bali, drs. H. Kt. Madhuddin Djamal, S.h., M.m. Kegiatan Ini Diikuti Oleh Para Perwakilan Dari Eselon I Dan Koordinator Wilayah Pada Keempat Badan Peradilan Di Lingkungan Mahkamah Agung Ri. Tujuan Pelaksanaan Kegiatan Ini Adalah Untuk Melakukan Telaah Terhadap Data Akun Dan Pelaporan Pada Satuan Kerja Di Lingkungan Mahkamah Agung Untuk Memastikan Akurasi Terhadap Data Yang Nantinya Akan Digunakan Pada Penyusunan Laporan Keuangan Mahkamah Agung Pada Tahun 2024.

    • Untuk Sukseskan Pembangunan Zona Integritas Dan Ampuh, Ditjen Badilum Lakukan Asesmen Internal

      setelah Meraih Predikat Wilayah Bebas Dari Korupsi (wbk) Pada Tahun 2021 Lalu, Ditjen Badilum Terus Melanjutkan Pembangunan Zona Integritas. Untuk Mencapai Target Berikutnya Yaitu Predikat Wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani (wbb), Maka Dilakukan Penilaian Atau Asesmen Internal Di Lingkungan Ditjen Badilum Pada Hari Kamis, 11 Juli 2024.

      asesmen Internal Dimulai Dengan Wawancara Kepada Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Umum, Zahlisa Vitalita, S.h., M.h. Dan Sekretaris Ditjen Badilum, Kurnia Arry Soelaksono, S.e, S.h., M.hum. Tim Asesmen Dipimpin Kepala Subdirektorat Pembinaan Tenaga Teknis Herti Setiawati Rr, S.h., M.h. Selaku Koordinator, Menilai Pelaksanaan Tugas Dan Fungsi Serta Keterlibatan Pada Pembangunan Zona Integritas.

      tim Asesmen Internal Melakukan Penilaian Pada Tiap Unit Kerja Di Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum, Dengan Wawancara Kepada Para Pejabat Administrator (eselon Iii), Pengawas (eselon Iv) Serta Fungsional.

      penilaian Asesmen Internal Ini Merupakah Bentuk Pengawasan Internal Dan Pengendalian Pembangunan Zona Integritas Terhadap Kinerja Pejabat Dan Pegawai Di Lingkungan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum.

      penilaian Oleh Tim Asesmen Internal Ini Juga Sebagai Bentuk Pengawasan Untuk Memastikan Kesesuaian Dengan Kerangka Sertifikasi Mutu Pengadilan Unggul Dan Tangguh (ampuh) Yang Telah Dicanangkan Oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum.

    • Bersama Puskesmas Cempaka Putih, Klinik Pratama Sekretariat Mahkamah Agung Ri Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Untuk Para Pegawai

      kesehatan Para Pegawai Menjadi Perhatian Penting Dari Mahkamah Agung Ri. Karena Itu, Secara Rutin Diadakan Pemeriksaan Kesehatan Oleh Klinik Pratama Mahkamah Agung Ri. Pada Hari Kamis, 11 Juli 2024, Pemeriksaan Kesehatan Dilakukan Berkerja Sama Dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (puskesmas) Cempaka Putih, Provinsi Dki Jakarta.

      pemeriksaan Dilakukan Oleh Dr. Olivia Fabita Wijaya, Dr. Iswana Praditia Dan Drg. Yulia Fadilah Dari Klinik Pratama Mahkamah Agung Ri, Bersama Dengan Dibantu Para Perawat Dan Apoteker Klinik Pratama Mahkamah Agung Ri Serta Dokter-dokter Dari Puskesmas Cempaka Putih .

      para Pegawai Mahkamah Agung Ri, Termasuk Dari Ditjen Badilum, Mendapat Layanan Pemeriksaan Kesehatan Yang Meliputi Pemeriksaan Berat Badan, Tekanan Darah Dan Gula Darah, Deteksi Dini Kanker Serviks, Pemeriksaan Payudara Klinis Dan Pemeriksaan Hiv Dan Tuberkolosis.

    • Ditjen Badilum Menyapa Secara Online Pengadilan Tinggi Palangkaraya Dan Pengadilan Negeri-pengadilan Negeri Di Kalimantan Tengah

      dalam Rangka Pembinaan Dan Memantau Pelayanan Satuan Kerja, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h. Secara Berkala Mengunjungi Pengadilan Tinggi Dan Pengadilan Negeri Di Daerah Secara Langsung Maupun Online Dengan Kegiatan Sapa Pengadilan. pada Hari Selasa, 09 Juli 2024, Dilakukan Kegiatan Sapa Pengadilan Oleh Ditjen Badilum Dengan Pengadilan Tinggi Palangkaraya, Yang Dihadiri Oleh Ketua Pengadilan Tinggi Palangkaraya Sujatmiko, S.h., M.h. Dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Palangkaraya Dr. Marsudin Nainggolan, S.h., M.h.

      pada Kegiatan Ini, Pimpinan Ditjen Badilum Berbincang Lebih Dekat Dengan Para Pimpinan, Hakim, Pejabat Dan Pegawai Pengadilan Tinggi Palangkaraya Dan 11 (sebelas) Pengadilan Negeri Di Provinsi Kalimantan Tengah, Yaitu:

      Pengadilan Negeri Palangka Raya Pengadilan Negeri Sampit Pengadilan Negeri Pangkalan Bun Pengadilan Negeri Kuala Kapuas Pengadilan Negeri Muara Teweh Pengadilan Negeri Buntok Pengadilan Negeri Tamiang Layang Pengadilan Negeri Kasongan Pengadilan Negeri Kuala Kurun Pengadilan Negeri Nanga Bulik Pengadilan Negeri Pulang Pisau

      satuan Kerja Ini Berdiskusi Dengan Drtjen Badilum Yang Didampingi Sekretaris Ditjen Badilum, Kurnia Arry Soelaksono, S.e., S.h. M. Hum, Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Umum, Zahlisa Vitalita, S.h., M.h, Dan Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum, Hasanudin, S.h., M.h.

      permasalahan Yang Dibahas Dalamsatuan Kerja Termasuk Kendala Dalam Pelaynan Pencari Keadilan Serta Sarana Prasara Satuan Kerja. Dalam Kesempatan Ini, Dirjen Badilum Mengingatkan Pentingnya Eksekusi Dan Meminta Agar Pimpinan Pengadilan Negeri Tertib Dalam Melakukan Pendataan Eksekusi.

    • Ditjen Badilum Mengucapkanselamat Atas Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah 6 (enam) Ketua Pengadilan Tinggi Oleh Ym Ketua Mahkamah Agung Ri

      direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Republik Indonesia Mengucapkan selamat Atas Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah 6 (enam) Ketua Pengadilan Tinggi Oleh Ym Ketua Mahkamah Agung Ri Pada Hari Selasa, 02 Juli 2024.

      para Ketua Pengadilan Tinggi Yang Mendapatkan Promosi Dan Mutasi Ini Adalah:

      1. Dr. Moh. Eka Kartika E. M., S.h., M.hum Sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Bandung;

      2. Nugroho Setiadji, S.h Sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Palembang;

      3. Dr. Herdi Agusten, S.h., M.hum Sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Jambi;

      4. Fredrik Willem Saija, S.h., M.h Sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Pontianak;

      5. Dr. Pontas Efendi, S.h., M.h Sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Kupang;

      6. H. Ade Komarudin, S.h., M.hum Sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Padang.

    • Ditjen Badilum Dan Fcfcoa Australia Adakan Rapat Kerja Bahas Perlindungan Perempuan Dan Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga

      pada Hari Kamis, 27 Juni 2024, Ditjen Badilum Menerima Kunjungan Pengadilan Sirkuit Federal Dan Pengadilan Keluarga Australia (federal Circuit And Family Court Of Australia, Fcfcoa), Yang Dipimpin Oleh Hakim Judge Liz Boyle Dari Fcfcoa Serta Ms. Leisha Lister Dan Ms. Cate Summer Dari Australia Indonesia Parntership For Justice 2 (aipj2). kunjungan Fcfcoa Dan Aipj2 Ini Dalam Rangka Rapat Kerja (working Meeting) Membahas Kerja Sama Di Bidang Peradilan, Terutama Tentang Penanganan Perkara Perceraian, Perlindungan Perempuan Dan Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Rapat Kerja Ini Dipimpin Langsung Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum H. Bambang Myanto, S.h., M.h.

      dalam Rapat Kerja Di Command Center Ditjen Badilum Ini Hadir Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama, Drs. H. Muchlis, S.h., M.h., Para Pejabat Eselon Ii Ditjen Badilum, Serta Para Ketua Pengadilan Tinggi Dan Ketua Pengadilan Negeri Secara Daring. pada Rapat Kerja Ini Ditampilkan Aplikasi Sistem Pemantauan Kinerja Pengadilan Terintegrasi (satu Jari) Untuk Memantau Penanganan Perkara Perceraian, Dan Perkara Terkait Perlindungan Anak Dan Perempuan Serta Korban Kekerasan. Presentasi Ini Dibawakan Kepala Subdirektorat Statistik Dan Dokumentasi, Budi Setioko, S.h., M.h. Dan Kepala Subdirektorat Tata Kelola, Candra, S.h.

      fcfcoa Dan Aipj2 Menyampaikan Apresiasi Atas Penggunaan Teknologi Informasi Ini, Yang Dinilai Mampu Meningkatkan Akuntabilitas Pengadilan Dalam Perlindungan Perempuan Dan Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga, Serta Membantu Pengambilan Kebijakan Oleh Mahkamah Agung Ri. 

      pada Kesempatan Ini, Ditjen Badilum Dan Fcfcoa Juga Berkesempatan Berdiskusi Secara Online Dengan Pimpinan Pengadilan Tinggi Dan Pengadilan Negeri, Terkait Penanganan Perkara Perceraian, Perlindungan Anak Dan Perempuan Serta Pelaksanaan Putusan Peradilan.

      di Akhir Rapat Kerja, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum H. Bambang Myanto, S.h., M.h. Memberikan Cendera Mata Sebagai Bentuk Apresiasi Atas Kerja Sama Yang Selama Ini Berjalan Antara Ditjen Badilum Dan Fcfcoa Australia.

    • Para Calon Role Model Sekretaris Pengadilan Tinggi Dan Pengadilan Negeri Ikuti Penilaian Online

      pada Tahun 2024 Ini, Ditjen Badilum Mengadakan Penilaian Untuk Memilih Para Sekretaris Pengadilan Tinggi Dan Pengadilan Negeri Yang Akan Dipilih Menjadi Role Model. Setelah Dilakukan Verifikasi Data Dukung, Para Calon Role Model Menjalani Tahap Penilaian Online. kegiatan Penilaian Ini Dipimpin Langsung Sekretaris Ditjen Badilum, Kurnia Arry Soelaksono, S.e., S.h., M.hum. Dalam Penilaian Online Yang Berlangsung Pada Hari Rabu, 26 Juni 2024 Ini Para Sekretaris Pengadilan Tinggi Dan Pengadilan Negeri Diuji Pemahamannya Tentang Tugas Dan Tanggung Jawab Sekretaris Di Pengadilan.

      selanjutnya, Para Sekretaris Pengadilan Tinggi Dan Pengadilan Negeri Akan Mengikuti Tahap Wawancara Dengan Pimpinan Mahkamah Agung Ri Untuk Pemilihan Para Role Model.

    • Bantu Tingkatkan Pemahaman Tenaga Teknis, Ditjen Badilum Selenggarakan Bimtek Eksekusi Di Lingkungan Peradilan Umum

      pada Hari Senin, 24 Juni 2024, Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum, Hasanudin, S.h., M.h., Menyampaikan Materi Eksekusi Bidang Perdata (tinjauan Hir/rbg) Pada Bimbingan Teknis Eksekusi Secara Daring Bagi Tenaga Teknis Di Wilayah Pengadilan Tinggi Ambon, Pengadilan Tinggi Jayapura, Dan Pengadilan Tinggi Papua Barat. Kegiatan Dibuka Oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h.

      materi Yang Disampaikan Di Antaranya Mengenai Prosedur Hingga Kendala Yang Dialami Dalam Melaksanakan Eksekusi. Diharapkan Dengan Mengikuti Bimtek Ini, Para Tenaga Teknis Dapat Melaksanakan Eksekusi Sebagaimana Diatur Dalam Sk Dirjen Badilum No. 40/dju/sk/hm/1/2019 Tentang Pedoman Eksekusi Pada Pengadilan Negeri, Sk Dirjen Badilum No. 1230/2021 Tentang Pemberlakuan Aplikasi Perkusi, Sk Dirjen Badilum No. 846/2021 Tentang Pelaksanaan Eksekusu Pada Pengadilan Negeri Dan Kepatuhan Penginputan Pada Data Eksekusi Pada Sipp, Serta Surat Dirjen Badilum No. 1022/2023 Tentang Penginputan Data Eksekusi Yang Tidak Dapat Dilaksanakan

    • Bersama Para Pimpinan Mahkamah Agung, Dirjen Badilum Kunjungi Federal Circuit And Family Court Of Australia (fcfcoa)

      dengan Dipimpin Langsung Oleh Ketua Mahkamah Agung Ri, Prof. Dr. H.m Syarifuddin, S.h., M.h, Para Pimpinan Mahkamah Agung Ri Melaksanakan Kunjungan Kerja Ke Pengadilan Sirkuit Federal Dan Pengadilan Keluarga Australia (federal Circuit And Family Court Of Australia, Fcfcoa) pada 19-21 Juni 2021.

      direktur Kunjungan Ini Dilaksanakan Di Kota Newcastle, New South Wales. direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h, Turut Serta Dalam Kunjungan Yang Bertujuan Untuk Meningkatkan Kerja Sama Di Bidang Peradilan Antara Kedua Negara. Para Pimpinan Mahkamah Agung Ri Menghadiri Kegiatan Sidang Tahunan (annuan Judicial Plenary) Pada Fcfoa, Sebagai Bentuk Apresiasi Atas Kehadiran Fcfcoa Dalam Kegiatan Serupa Pada Mahkamah Agung Ri Sebelumnya. pada Kunjungan Ini, Delegasi Mahkamah Agung Ri Disambul Oleh edvard william Alstergren ao Kc, Ketua Peradilan fcfcoa Dan stephen john gageler Ac, hakim Utama (chief Justice) Australia.

         

    • Ditjen Badilum Ikut Semarakkan Pemotongan Kurban Hari Raya Idul Adha Di Lingkungan Sekretariat Mahkamah Agung Ri

      dalam Rangka Menyemarakkan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah, Jajaran Eselon I Di Lingkungan Sekretariat Mahkamah Agung Ri Kembali Mengadakan Kegiatan Pemotongan Hewan Kurban. Tahun Ini, Pemotongan Hewan Kurban Di Laksanakan Pada Hari Rabu, 19 Juni 2024 Di Halaman Parkir Belakang Gedung sekretariat Mahkamah Agung Ri, Jl. Ahmad Yani Kav. 58 Cempaka Putih Timur, Jakarta Pusat. Hewan Kurban Yang Dipotong Dalam Rangkaian Hari Raya Idul Adha Di Sekretariat Mahkamah Agung Ri Tahun Ini Berjumlah Sebanyak 9 Ekor Sapi, Dengan 3 Ekor Sapi Di Antaranya Berasal Dari Jajaran Keluarga Besar direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum.

      pemotongan Hewan Kurban Dimulai Pada Pukul 07.00 Wib, Diawali Dengan Sambutan sekretaris direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum, Kurnia Arry Soelaksono, S.e., S.h., M.hum Selaku Ketua Panitia Pelaksanaan Kurban Tahun Ini, Dilanjutkan Sambutan Oleh hakim Tinggi Badan Pengawasan, dr. Drs. H. Sumasno, S.h., M.hum. Sebagai Perwakilan Dkm Masjid Al Ikhlas Sekretariat Mahkamah Agung Ri Dan Sambutan oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Agama, Dr. H. Candra Boy Seroza, S.ag., M.ag., Selaku Perwakilan shohibul Qurban serta Sambutan Dari sekretaris Mahkamah Agung Ri, Sugiyanto, S.h., M.h. Turut Hadir Pada Kesempatan Tersebut, Yaitu sekretaris direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama, Drs. Arief Hidayat, S.h., M.m Dan Sekretaris Badan Pengawasan, Drs. Andi Kurniawan, M.m. Penyerahan Hewan Kurban Dilakukan Secara Simbolis Oleh Perwakilan shohibul Qurban kepada Perwakilan Dkm Masjid Al Ikhlas. Sebelum Pemotongan Dimulai, Pembacaan Doa Dilakukan Terlebih Dahulu Dengan Dipimpin Oleh Bapak dr. Drs. H. Sumasno, S.h., M.hum. 

      selama Proses Pemotongan Berlangsung, Ketua Dan Anggota Panitia Pelaksanaan Kurban Menyaksikan Dari Awal Hingga Akhir Proses Pemotongan. setelah Hewan Kurban Ini Dipotong, Daging Hewan Kurban Akan Dibagikan Kepada Kaum Dhuafa Yang Berada Di Sekitar gedung sekretariat Mahkamah Agung Di cempaka Putih Timur, Serta Kepada Para Pegawai Honorer, Petugas Keamanan Dan Petugas Kebersihan Di jajaran Eselon I Di Lingkungan Sekretariat Mahkamah Agung Ri.

       

    • Tingkatkan Keakraban Dan Sportivitas, Ditjen Badilum Adakan Pertandingan Persahabatan Dengan Pengadilan Tinggi Bandung Dan Pengadilan Negeri Bale Bandung

      tim Sepak Bola Yang Terdiri Dari Para Pejabat Dan Pegawai Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Kembali Mengadakan Laga Pertandingan Persahabatan Dengan Insan Peradilan. Kali Ini, Diadakan Laga Persahabatan Dengan Pengadilan Tinggi Bandung Dan Pengadilan Negeri Bale Bandung. Pertandingan Antara Ditjen Badilum Dengan Pengadilan Tinggi Bandung Dan Pengadilan Negeri Bale Bandung Berlangsung Di Stadion Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat, Pada Hari Sabtu, 15 Juni 2024.

      tim Ditjen Badilum Dipimpin Oleh Sekretaris Ditjen Badilum, Kurnia Arry Soelaksono, S.e, S.h., M.hum, Yang Juga Ikut Bertanding Dalam Laga Ini. Selain Meningkatkan Kesehatan Jasmani Dan Kebugaran, Kegiatan Ii Bertujuan Meningkatkan Keakraban Antar Pegawai Dan Pejabat Ditjen Badilum Dan Menjaga Semangat Sportivitas Antar Insan Peradilan.

      pada Pertandingan Persahabatan Ini Sekretaris Ditjen Badilum Bertukar Cindera Mata Dengan Panitera Muda Pidana Pengadilan Tinggi Bandung, Mardono, S.h., M.h, Dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bale Bandung, Achmad Rifai, S.h., M.h.






  • Berita Terbaru Mahkamah Agung

    • Penyerahan Bantuan Dana Bea Siswa Oleh Dharmayukti Karini Kepada 617 Putra Putri Warga Peradilan

      jakarta " Humas : Penyerahan Bantuan Dana Bea Siswa (bdbs) Yang Merupakan Program Unggulan Dharmayukti Karini Mahkamah Agung Berlangusng Pada Rabu, 17 Juli 2024 Di Lantai 2 Tower Gedung Mahkamah Agung.

      ketua Mahkamah Agung, Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.h., M.h. Saat Mengahadiri Acara Tersebut Dalam Sambutannya Menyampaikan, Program Bantuan Dana Beasiswa (bdbs) Ini, Merupakan Tradisi Baik, Yang Rutin Yang Dilaksanakan Oleh Organisasi Dharmayukti Karini. Tradisi Menunjukkan Bahwa Organisasi Wanita Peradilan, Tidak Hanya Berperan Dalam Menunjang Kinerja Anggota Atau Suami, Baik Dalam Mejaga Integritas Maupun Dalam Melaksanakan Tugas-tugas Yudisial, Akan Tetapi Dharmmayukti Karini Juga Ambil Bagian Dalam Peran-peran Sosial Dalam Rangka Membantu Antar Sesama.

      lebih Lanjut Pelindung Dharmayukti Karini Mahkamah Agung Ini Mengucapkan Syukur Alhamdulillah, Karena Tahun Ini Dharmayukti Berhasil Mengumpulkan Total Dana Beasiswa Sebesar Rp. 371.950.000,00 (tiga Ratus Tujuh Puluh Satu Juta Sembilan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah). Angka Ini Naik Signifikan Dari Tahun Sebelumnya Yang Berjumlah Rp. 314.450.000,00 (tiga Ratus Empat Belas Juta Empat Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah), Atau Mengalami Kenaikan Sebesar Rp. 57.500.000,00 (lima Puluh Tujuh Juta Lima Ratus Ribu Rupiah). Dan Hari Ini, Dana Tersebut Akan Dibagikan Kepada Anak-anak Kita Sebanyak 617 Siswa, Yang Mana Angka Ini Juga Naik Dari Tahun Sebelumnya, Yang Berjumlah 571 Siswa.

      ketua Ma Menghaturkan Apresiasi Yang Setinggi-tingginya, Kepada Segenap Jajaran Pengurus Dan Anggota Dharmayukti Karini Mahkamah Agung, Atas Inisiatif Dan Terselenggaranya Kegiatan Yang Mulia Ini, Serta Kepada Semua Pihak Yang Telah Mendukung Terlaksananya Program Ini.

      sementara Itu Ketua Umum Dharmayukti Karini Mahkamah Agung, Hj. Budi Utami Syarifuddin Menyampaikan Kegiatan Bdbs Tahun Ini Mengusung Tema "dengan Program Bantuan Dana Bea Siswa (bdbs) Dharmayukti Karini Mendukung Putra Putri Warga Peradilan Meraih Sukses". Tema Ini Menggambarkan Tujuan Mulia Kita Bersama Untuk Memastikan Bahwa Setiap Putra Putri Warga Peradilan Memiliki Kesempatan Yang Sama Untuk Bisa Memperoleh Pendidikan Yang Baik Dan Berkualitas Demi Meraih Cita-citanya.

      dirinya Berharap Pemberian Bantuan Ini Dapat Meringankan Beban Orang Tua Dalam Memenuhi Kebutuhan Pendidikan Bagi Putra Putrinya. Bantuan Bea Siswa Ini Tidak Hanya Berupa Dukungan Finansial, Tetapi Juga Sebagai Bentuk Motivasi Kepada Putra Putri Kita Agar Lebih Giat Lagi Belajar Untuk Meraih Prestasi Yang Setinggi-tingginya.

      atas Nama Pimpinan Dharmayukti Karini, Budi Utami Mengucapkan Terima Kasih Yang Sebesar-besarnya Kepada Semua Pihak Yang Telah Berkontribusi Dalam Pemberian Dana Bea Siswa Ini. Semoga Niat Yang Ikhlas Dalam Hati Sanubari Kita Untuk Berbagi Kepada Sesama, Dapat Membukakan Pintu Rejeki Yang Seluas-luasnya Dan Tentunya Menjadi Amal Pahala Yang Terus Mengalir Kepada Kita Semua. Aamiin Yaa Robbal Alamin.., Ucapnya.

      hadir Pada Acara Tersebut, Pimpinan Mahkamah Agung, Hakim Agung, Sekretaris Mahkamah Agung, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer Dan Tata Usaha Negara Serta Pengurus Pusat Dharmayukti Karini Mahkamah Agung. (enk/pn/photo:alf,adr,sno).

    • Kunker Ke Kalimantan Tengah Komisi Iii Ungkap Hakim Independen Dalam Menegakkan Keadilan

      pangkalan Bun - Humas: Komisi Iii Dpr-ri Melaksanakan Kunjungan Kerja Ke Provinsi Kalimantan Tengah Dalam Rangka Reses Masa Persidangan V Tahun Sidang 2023-2024.

      rapat Kerja Komisi Iii Dpr-ri Dengan Tiga Peradilan Sewilayah Kalimantan Tengah, Dan Kementerian Hukum Dan Ham Berlangsung Pada Senin, 15 Juli 2024 Di Ballroom Batuah Hotel Mercure Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah Yang Dipimpin Ketua Tim Ir. Pangeran Khairul Saleh, M.m Dan Sembilan Anggota.

      kunker Komisi Iii Ini Meminta Penjelasan Ketua Pengadilan Tinggi, Ketua Pengadilan Tinggi Agama, Dan Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Terkait Dengan Realisasi Anggaran Semester 1 Tahun 2024, Program Prioritas, Serta Kebutuhan Anggaran Yang Masih Diperlukan Dalam Upaya Optimalisasi Tugas Dan Fungsi Peradilan Serta Pengawasan Tentang Data Perkara Yang Menonjol Di Lingkungan Peradilan Kalimantan Tengah Terkait Permasalahan Eksekusi Yang Kerap Terjadi, Meminta Data Laporan Jumlah Perkara Yang Sudah Memiliki Putusan Yang Berkekuatan Hukum Tetap Namun Belum Dieksekusi Serta Penjelasan Terkait Program Peningkatan Integritas Dan Kapasitas Di Wilayah Peradilan.

      tiga Peradilan Sewilayah Kalimantan Tengah Yang Mengikuti Rapat Tersebut Yakni, Pengadilan Tinggi Palangka Raya, Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya, Pengadilan Tata Usaha Negara Palangka Raya, Masing-masing Beserta Jajarannya.

      menjawab Pertanyaan Komisi Iii Dpr-ri Ketua Pengadilan Tinggi Palangka Raya Sujatmiko, S.h., M.h Dalam Paparannya Menyampaikan Program Prioritas Pengadilan Tinggi Palangka Raya Di Tahun 2023-2024 Adalah; Terwujudnya Proses Pengadilan Yang Pasti, Meningkatkan Efektifitas Pengelolaan Perkara Dan Peningkatan Penyelesaian Perkara Tepat Waktu.

      dalam Wilayah Kalimantan Tengah Terdapat Empat Pengadilan Negeri Yang Belum Memiliki Rumah Dinas Yaitul; Pengadilan Negeri Tamiang Layang, Pengadilan Negeri Kuala Kurun, Pengadilan Negeri Nanga Bulik, Dan Pengadilan Negeri Pulang Piau. Pengadilan Negeri Kuala Kurun Dan Pengadilan Negeri Nanga Bulik Adalah Pengadilan Negeri Yang Baru Selesai Di Bangun Dan Telah Digunakan.

      lebih Lanjut Sujatmiko Menyampaikan Kendala Dalam Pelaksanaan Eksekusi Adalah; Kurangnya Keseriusan Eksekusi Oleh Pemohon Eksekusi, Biaya Yang Kurang Dari Pemohon Eksekusi, Serta Objek Eksekusi Tidak Berada Dalam Satu Tempat, Dll.

      adapun Upaya Program Peningkatan Integritas Oleh Pengadilan Tinggi Dengan Melakukan Pembinaan Dan Peningkatan Pengetahuan, Keterampilan Kepada Operator Pengadilan, Pembinaan Mental Dan Spiritual Melalui Kegiatan Keagamaan, Perolehan Predikat Wbk Pada Pengadilan Tinggi Palangka Raya, Pengadilan Negeri Sampit, Dan Pengadilan Negeri Pangkalan Bun.

      sementara Itu Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya Drs. H. Tarsi, S.h., M.h Menyampaikan Di Pengadilan Tinggi Agama Sewilayah Kalimantan Tengah Terdapat 13 Pengadilan Agama, Delapan Diantaranya Tidak Memiliki Rumah Dinas.

      dirinya Mengatakan Kondisi Sdm Di Pta Palangka Raya Terdapat Enam Pengadilan Agama Yang Hanya Memiliki Tiga Orang Hakim, Dan Terdapat Lima Pengadilan Yang Memiliki Hakim Empat Orang Termasuk Ketua Dan Wakil Ketua, Total Aparatur Sewilayah Pta Kalimantan Tengah Hanya 55 Orang.

      lebih Lanjut Dikatakan Peningkatan Integritas Telah Melaksanakan Pembinaan Oleh Pimpinan Dan Hakim Tinggi Sebulan Sekali Dan Sewaktu-waktu Pengadilan Tinggi Agama Melakukan Sidak Ke Daerah-daerah.

      ketua Pta Palangka Raya Berharap Kepada Komisi Iii Agar Mendorong Pemerintah Meningkatkan Kesejahteraan Aparatur Melalui Pembangunan Rumah Dinas.

      ditempat Yang Sama Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Palangka Raya Muhammad Ilham, S.h., M.h Juga Menyampaikan Jenis Penanganan Perkara Tertinggi Yaitu Kepala Desa (pemberhentian Kepala Desa Dan Perangkat Desa). Tidak Ada Perkara Yang Menonjol/menarik Perhatian Masyarakat. Dari Tahun 2023 Sampai Sekarang Tidak Ada Kendala Terhadap Pelaksanaan Eksekusi Perkara. Ilham Mengatakan Peningkatan Integritas Dan Kapasitas Yang Dilakukan Yaitu Mengikuti Bimbingan Teknis Serta Pengawasan.

      terkait Paparan Yang Telah Disampaikan Tiga Peradilan, Komisi Iii Dpr-ri Dr. Hinca Ip Panjaitan Xii, M.h., Accs Menyampaikan Agar Kedepannya Mahkamah Agung Membuka Komunikasi Dengan Legislatif, Yudikatif Harus Menjadi Instrumen Negara Yang Mewujudkan Keadilan Bagi Masyarakat. Kedepannya Perlu Dibentuk Badan Khusus Untuk Melaksanakan Eksekusi Terhadap Putusan Yang Telah Berkekuatan Hukum Tetap Di Peradilan, Ujarnya.

      hal Senada Juga Disampaikan Komisi Iii Dpr-ri Dr. Benny Kabur Harman, S.h Bahwa Hakim Harus Menjadi Hakim Yang Independen Dan Tidak Boleh Tunduk Pada Penguasa Sehingga Diharapkan Putusan Pengadilan Harus Mewujudkan Keadilan Bagi Masyarakat.

      benny Berharap Kedepannya Kompetensi Hakim Harus Ditingkatkan. Dan Terkait Eksekusi Dirinya Mengatakan Pengadilan Harus Mampu Mencarikan Solusi Atas Hambatan - Hambatan Yang Ada.

      acara Yang Dilaksanakan Secara Daring Ini, Diikuti Warga Peradilan Sewilayah Kalimantan Tengah Dan Diakhiri Dengan Pertukaran Plakat Serta Foto Bersama Warga Peradilan Dengan Komisi Iii Dpr-ri. (enk/ims/pn).

  • Berita Informasi Badan Peradilan Umum (Badilum)

    • Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Kunjungi Pengadilan Negeri Kepanjen Kabupaten Malang

      dalam Rangkaian Perjalanan Dinas Di Wilayah Provinsi Jawa Timur, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Ri, H. Bambang Myanto, S.h., M.h. Melakukan Kunjungan Ke Pengadilan Negeri Kepanjen Yang Berlokasi Di Kabupaten Malang, Pada Hari Senin, 15 Juli 2024. dalam Kunjungan Kerja Ini, Beliau Disambut Oleh Pengadilan Negeri Kepanjen Ayun Kristiyanto, S.h., M.h Dan Wakil Pengadilan Negeri Kepanjen Amin Imanuel Bureni, S.h., M.h. Beserta Para Pejabat Dan Pegawai Di Satuan Kerja.

      pada Kunjungan Ini, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum,  Meninjau Meja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (ptsp) Di Pengadilan Negeri Kepanjen Dan Berbincang Dengan Petugas Meja Layanan. Kunjungan Ke Pengadilan Negeri Kepanjen Ini Merupakan Salah Satu Bentuk Pembinaan Dan Pengawasan Ditjen Badilum Kepada Satuan Kerja Pengadilan Negeri Di Bawahnya. Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum  Juga Berkesempatan Berdiskusi Dengan Para Hakim, Calon Hakim, Pejabat Dan Pegawai Pengadilan Negeri Kepanjen.

    • Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Berikan Penghargaan Kepada Pengadilan Tinggi Pembina Pengelolaan Anggaran Satuan Kerja Terbaik

      sebagai Penghargaan Terhadap Peran Pengadilan Tinggi Dalam Pembinaan Pengelolaan Anggaran Program Penegakan Dan Pelayanan Hukum (dipa 03) Di Pengadilan Negeri Selama Tahun Anggaran 2023 Yang Lalu, Ditjen Badilum Memberikan Penghargaan Kepada Pengadilan Tinggi Dengan Rata-rata Nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (ikpa) Tertinggi Di Wilayahnya. penghargaan Ini Diberikan Pada Rangkaian Kegiatan Penyusunan Rka-kl Dipa 03 Di Grand Mercure Malang Mirama, Jawa Timur Pada Hari Senin, 15 Juli 2024 Oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h. Didampingi Sekretaris Ditjen Badilum, Kurnia Arry Soelaksono, S.h., M.hum Dan Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya, Dr. H. Kresna Menon, S.h., M.hum.

      penghargaan Pembinaan Terbaik Dengan Kategori Jumlah Satuan Kerja Pengadilan Negeri Di Bawahnya Sejumlah 1 S.d. 10 Satker Diberikan Kepada Pengadilan Tinggi Bangka Belitung Dengan Nilai Rata-rata Ikpa 96,06%.

      penghargaan Pembinaan Terbaik Dengan Kategori Jumlah Satuan Kerja Pengadilan Negeri Di Bawahnya Sejumlah 11 S.d. 20 Satker Diberikan Kepada Pengadilan Tinggi Riau Dengan Nilai Rata-rata Ikpa 96,64%.

      penghargaan Pembinaan Terbaik Dengan Kategori Jumlah Satuan Kerja Pengadilan Negeri Di Bawahnya Lebih Dari 21 Satker Diberikan Kepada Pengadilan Tinggi Semarang Dengan Nilai Rata-rata Ikpa 94,73%.