logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur

Komplek Perkantoran Bukit Menderang, Desa Rano, Muara Sabak, Tanjung Jabung Timur

Pengawasan Daerah Oleh Pengadilan Tinggi Jambi

Pengawasan daerah oleh Pengadilan Tinggi Jambi pada Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur. Pada hari Selasa tanggal 17 September 2019.
Adapun Susunan Acara pada Opening Meeting wasda Pengadilan Tinggi Jambi adalah antara lain : Pembukaan, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Menyerukan Yel-yel Pengadilan Tinggi Jambi, Yel-yel Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur, dan Menyanyikan Lagu Mars Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur, dilanjutkan dengan Pembacaan Doa, lalu kemudian sambutan dari Yang Mulia Ketua Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur, Sambutan dari Yang Mulia Wakil Ketua Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur, dan Pelaksanaan Pengawasan Daerah oleh Pengadilan Tinggi Jambi.
Sambutan dari Yang Mulia Ketua Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur, Bapak Rais Torodji, SH., MH pada saat Opening Meeting Pengawasan Daerah oleh Pengadilan Tinggi Jambi pada Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur, yang mana pada sambutan ini Yang Mulia Ketua Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur memaparkan selayang pandang sejarah berdirinya Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur, dan profil Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur seperti Sarana Prasarana, E-Office, Penyerapan Anggaran, Status Tanah Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur, Prestasi yang telah diraih oleh Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur.
Dan terakhir ditutup dengan Pemaparan Hasil Pengawasan Daerah oleh Yang Mulia Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Jambi, sekaligus Penyerahan Hasil Temuan Pengawasan Daerah dari Yang Mulia Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Jambi kepada Yang Mulia Ketua Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur, pada closing meeting Pengawasan Daerah, dimana pada dasarnya tidak ada temuan yang bersifat mayor pada pengawasan Daerah kali ini, dan hanya sedikit temuan yang semua hanya bersifat minor, dan akan segera ditindak lanjuti/diperbaiki.







  • Berita Terbaru Mahkamah Agung

    • Ketua Ma Melantik Tiga Ketua Muda Pada Mahkamah Agung Ri

      jakarta " Humas: Ketua Mahkamah Agung, Prof. Dr. M. Hatta Ali., Sh., Mh., Melantik Dan Mengambil Sumpah Tiga Ketua Muda Mahkamah Agung Pada Hari Jumat, 21 Februari 2020 Pukul 10.00. Wib Di Ruang Prof. Dr. Kusumah Atmadja, Gedung Mahkamah Agung Lantai 14. Ketiga Ketua Muda Tersebut Adalah, Ketua Muda Perdata, Ketua Muda Pengawasan, Dan Ketua Muda Pembinaan.

      ketua Muda Perdata Mahkamah Agung Yang Dilantik Dan Diambil Sumpahnya Adalah I Gusti Agung Sumanatha, Sh., Mh,. Hakim Agung Pada Kamar Perdata Tersebut Menggantikan Posisi Soltani Mohdally, Sh., Mh Yang Telah Memasuki Masa Pensiun Pada 1 Maret 2019 Lalu. Sedangkan Ketua Muda Pengawasan Mahkamah Agung Yang Dilantik Dan Diambil Sumpahnya Adalah Dr. H. Andi Samsan Nganro, Sh., Mh. Juru Bicara Mahkamah Agung Ini Menggantikan Posisi Dr. Sunarto, Sh., M.hum, Yang Telah Dilantik Menjadi Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial Pada 23 Mei 2018 Lalu. Dan Untuk Ketua Muda Pembinaan Yang Akan Dilantik Dan Diambil Sumpahnya Adalah Prof. Dr. Takdir Rahmadi, Sh., Llm. Ini Adalah Kali Kedua Bagi Takdir Mengemban Amanah Sebagai Ketua Muda Pembinaan.

      pelantikan Tiga Ketua Muda Tersebut Berdasarkan Dua Keputusan Presiden, Yaitu Keputusan Presiden No 20/p Tahun 2020 Tanggal 18 Februari 2020 Dan Keputusan Presiden Nomor 21/p Tahun 2020 Tanggal 18 Februari 2020.

      dalam Sumpahnya, Para Ketua Muda Tersebut Berjanji Akan Memenuhi Kewajiban Sebagai Ketua Muda Mahakamah Agung Dengan Sebaik-baiknya Dan Seadil-adilnya Dan Memegang Teguh Undang-undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (uud Nkri) Tahun 1945 Dan Menjalankan Segala Peraturan Perundang-undanngan Dengan Selurus-lurusnya Menurut Uud Nkri Tahun 1945. Mereka Juga Berjanji Akan Berbakti Kepada Nusa Dan Bangsa.

      selain Ketua Mahkamah Agung, Acara Ini Dihadiri Juga Oleh Seluruh Pimpinan Mahkamah Agung, Ketua Mahkamah Konstitusi, Ketua Komisi Yudisial, Hakim Agung, Jaksa Agung, Hakim Ad Hoc, Para Pejabat Eselon 1-4 Mahkamah Agung, Para Mantan Hakim Agung Dan Undangan Lainnya. (azh/rs)

    • Rapat Dengar Pendapat Komisi Iii Dpr Ri Dengan Ketua Pengadilan Tinggi Dki Jakarta

      humas Ma: Dalam Rangka Masa Persidangan Ii Tahun Sidang 2019-2020, Komisi Iii Dpr Ri Melakukan Kunjungan Dan Rapat Dengar Pendapat Dengan Ketua Pengadilan Tinggi Dki Jakarta Pada Selasa 18 Pebruari 2020, Berlangsung Di Aula Pengadilan Tinggi Dki Jakarta.

      rapat Dengar Pendapat Yang Dipimpin Oleh Ketua Tim Komisi Iii Dpr Ri, Dr. Ir. H. Adies Kadir, Sh., M.hum, Dihadiri Oleh Ketua Pengadilan Tinggi Dki Jakarta, H. Sunaryo, Sh., Mh, Sekretaris Pengadilan Tinggi Dki Jakarta, Beserta Jajarannya, Dengan Agenda Meminta Penjelasan Mengenai;

      Pengelolaan Sipp Terkait Peretasan Website Pada Bulan Januari 2020, Serta Dampak Peretasan Dan Solusi Kedepan; Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Penunjang Tusi; Mekanisme Koordinasi Dengan Pengadilan Tinggi Dan Mahkamah Agung Terkait Putusan Yang Di Publish Di Webite.

      adapun Komisi Iii Dpr Ri Yang Melakukan Rapat Dengar Pendapat Tersebut Yakni;

      Dr. Ir. H. Adies Kadir, Sh.,m.hum Hj. Adde Rosi Khoerunnisa, S. Sos.,m.si Supriansa, Sh.,mh Ir. Hj. Sari Yuliati, Mt Eva Yuliana, M.si H. Moh. Rano Al Fath, Sh.,mh N.m. Dipo Nusantara Pua Upa, Sh.,m.kn H. Santoso, Sh Komjen (purn.) Drs. H. Adang Daradjatun Dr.h.r. Achmad Dimyati Natakusumah, Sh.,mh.,m.si H. Asrul Sani, Sh.,m.si

      menanggapi Pertanyaan Komisi Iii Dpr Ri, Ketua Pengadilan Tinggi Dki Jakarta, H. Sunaryo, Sh.,mh Mengatakan Bahwa Dampak Peretasan Administrasi Pendaftaran Perkara Tidak Terganggu, Menurutnya Sudah Dilakukan Restore (pemulihan Data), Sudah Normal Kembali Dan Bisa Diakses Pada Tanggal 22 Desember 2019, Sedangkan Untuk Sarana Dan Prasarananya Masih Sangat Terbatas Sumber Daya Manusia..

      lebih Lanjut Sunaryo Mengatakan, Pengadialn Tinggi Sebagai Kawal Depan Mahkamah Agung, Secara Rutin Melakukan Pembinaan Dan Pendampingan Terhadap Pengadilan Negeri Se Dki Jakarta, Dalam Tugas Dan Fungsi Sebagai Peradilan Tingkat Banding Dan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi, Pembinaan Akreditasi Serta Melaksanakan Pengawasan Dari Badan Pengawasan Mahkamah Agung (bawas) Secara Rutin Maupun Insidentil.

      rapat Dengar Pendapat Tersebut Diakhiri Dengan Foto Bersama Komisi Iii Dpr Ri Dengan Ketua Pengadilan Tinggi Dki Jakarta Beserta Jajarannya. (enk/rs/photo:sf).

  • Berita Informasi Badan Peradilan Umum (Badilum)

    • Peluncuran (launching) Ruang Persidangan Modern Berbasis Teknologi Informasi Pengadilan Negeri Bogor

      dalam Rangka Mendukung Pencapaian Visi Mahkamah Agung Republik Indonesia Terwujudnya Badan Peradilan Indonesia Yang Agung Maka Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B Terus Melakukan Berbagai Upaya Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Bagi Masyarakat Pencari Keadilan;

      peluncuran Ruang Persidangan Modern Berbasis Teknologi Informasi Di Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B Merupakan Langkah Nyata Pengadilan Sebagai Unit Kerja Di Bawah Mahkamah Agung Dalam Mendukung Dan Melaksanakan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia (perma) Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Administrasi Perkara Dan Persidangan Di Pengadilan Secara Elektronik, Yang Menjamin Akuntabilitas, Kredibilitas Dan Transparansi, Melalui Optimalisasi Penggunaan Perangkat Elektronik Yang Modern Dengan Berbasis Teknologi Informasi Terpadu;

      ruang Persidangan Tersebut Selanjutnya Akan Digunakan Dalam Proses Pemeriksaan Perkara Baik Pidana Maupun Perdata, Dengan Kelengkapan Alat Yang Tersedia Tersebut Misalnya Dalam Hal Pemeriksaan Saksi Atau Ahli Di Pengadilan Dapat Dilakukan Secara Jarak Jauh Dengan Menggunakan Video Conference. Dalam Sambutannya Ketua Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B Bapak H. Ridwan, S.h., M.h. Menyampaikan Bahwa Peralatan Berbasis Teknologi Informasi Yang Tersedia Pada Ruang Persidangan Modern Ini Diperoleh Atas Bantuan Atau Hibah Dari Pemerintah Kota Bogor Dalam Rangka Mendukung Dan Merealisasikan Program Walikota Bogor Untuk Menjadikan Kota Bogor Sebagai Smart City/cyber City;

    • Pembinaan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Di Wilayah Pengadilan Tinggi Denpasar

      direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Dr. Prim Haryadi Sh, Mh, Mengadakan Pembinaan Di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Denpasar, Pada 11-12 Februari 2020.

      pembinaan Ini Didahului Dengan Peninjauan Pembangunan Gedung Baru Pengadilan Negeri Badung, Pada Hari Selasa, 11 Februari 2020. Kegiatan Kemudian Dilanjutkan Dengan Pembinan Dan Peresmian Mushala Baitul Hikmah Di Pengadilan Negeri Denpasar. Kegiatan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Diakhiri Dengan Pembinaan Di Pengadilan Tinggi Denpasar, Pada Rabu, 12 Februari 2020

  • Data Mutasi Hakim (TPM Hakim) Mahkamah Agung Republik Indonesia