berakhlak
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur

Komplek Perkantoran Bukit Menderang, Desa Rano, Muara Sabak, Tanjung Jabung Timur

Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021

Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021

Muara Sabak – Ibu Ketua Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur, Ibu Nunung Kristiyani, S.H., M.H., beserta jajarannya mengikuti upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021 melalui kanal Youtube Kemensos RI dengan menerapkan protokol kesehatan pada hari ini Rabu(10/11).

Hal ini sesuai dengan surat dari Sekretaris Mahkamah Agung RI nomor 2469/SEK/HM.01.2/11/2021 tanggal 8 Nopember 2021. Kegiatan ini mengambil tempat di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur.(Humas)

Selengkapnya




«


  • Berita Terbaru Mahkamah Agung

    • Kunker Ke Kalsel, Komisi Iii Nyatakan Dukung Pemenuhan Sarana Prasarana Pengadilan Untuk Jaga Integritas Hakim

      banjarmasin " Humas : Komisi Iii Dpr Ri Meminta Penjelasan Ketua Dan Pimpinan Peradilan (ketua Pengadilan Tinggi, Ketua Pengadilan Tinggi Agama, Ketua Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara, Kepala Pengadilan Militer I-06 Banjarmasin) Mengenai Alokasi Dukungan Anggaran Di Tahun 2024 Yang Diterima Masing-masing Wilayah Peradilan. Penjelasan Disertai Dengan Program-program Prioritas Dan Strategi Pencapaian Targetnya. Demikian Pula Penjelasan Terkait Kebutuhan Dukungan Anggaran Dalam Upaya Meningkatkan Pelaksanaan Tugas Dan Fungsi Badan Peradilan Di Wilayah Kalimantan Selatan.

      hal Tersebut Disampaikan Ketua Tim Kunjungan Kerja Komisi Iii Dpr Ri, Ir. Pangeran Khairul Saleh Saat Melakukan Rapat Kerja Dengan Empat (4) Lingkungan Peradilan Se-wilayah Kalimantan Selatan Yang Bertempat Di Kantor Pengadilan Tinggi Banjarmasin Di Banjar Baru Pada Selasa, 30 April 2024.

      pada Rapat Kerja Yang Berlangsung, Para Ketua/kepala Empat (4) Peradilan Menyampaikan Paparannya, Yang Di Awali Oleh Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin, Dr. H. Gusrizal, S.h., M.hum.

      gusrizal Mengatakan, Kebutuhan Dukungan Anggaran Dalam Upaya Meningkatkan Pelaksanaan Tugas Dan Fungsi Pengadilan Tinggi Banjarmasin Dan Pengadilan Negeri Se-kalimantan Selatan Yakni; Pembangunan Rumah Dinas Pengadilan Tinggi Banjarmasin Di Banjar Baru, Pembangunan Aula Pengadilan Tinggi Banjarmasin, Penyesuaian Prototype Berupa Rehab Berat Dan Perluasan Gedung Untuk 5 (lima) Gedung Kantor Pengadilan, Yaitu Pengadilan Negeri Kandangan, Pengadilan Negeri Pelaihari, Pengadilan Negeri Tanjung, Pengadilan Negeri Amuntai Dan Pengadilan Negeri Banjarbaru.

      penyesuaian Tersebut Juga Untuk Mengakomodir Kebutuhan Ruangan Dan Sarana Penunjang Untuk Proses Penyelesaian Perkara Di Pengadilan, Tutur Kpt Banjarmasin.

      sementara Itu, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin, Dr. Drs. H. Firdaus Muhammad Arwan, S.h., M.h. Menyampaikan Kendala Yang Dihadapi Satuan Kerja Peradilan Agama Di Wilayah Kalimantan Selatan, Yaitu; Tidak Tersedianya Anggaran Untuk Pembangunan Gedung Bagi Pengadilan Agama Yang Belum Sesuai Prototipe Yaitu Gedung Pengadilan Agama Negara Dan Pengadilan Agama Banjarmasin Serta Pengadaan Kendaraan Dinas Roda 4 Yang Sudah Tidak Layak Pakai (tahun 2006), Terbatasnya Alat Pengolah Data Dan Sarana Kerja Lainnya.

      terkait Kendala Sarana Dan Prasarana, Ketua Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Banjarmasin, Dr. H. Bambang Heriyanto,s.h., M.h. Mengatakan Gedung Baru Pttun Belum Bisa Ditempati Dikarenakan Belanja Mebelair Belum Terlaksana Dikarenakan Adanya Kebijakan Dari Kementerian Keuanganterkait Automatic Adjusment (aa).

      pada Kesempatan Yang Sama Kepala Pengadilan Militer I-06 Banjarmasin, Letkol Chk. Arie Fitriansyah, S.h., M.h Menyampaikan Kebutuhan Dukungan Anggaran; Kurangnya Anggaran Untuk Kegiatan Sidang Keliling Yang Dilaksanakan Di Luar Gedung Mengingat Perkara Yang Masuk Di Pengadilan Militer I-06 Banjarmasin Setengahnya Berada Di Provinsi Kalimantan Tengah Sehingga Untuk Pelayanan Persidangan Dibutuhkan Dua Kali Sidang Di Luar Gedung.

      menanggapi Pemaparan Dari Empat (4 ) Peradilan Ini, Anggota Komisi Iii Dri Ri Romo H.r. Muhammad Syafii, S.h., M.hum Mengatakan, Perlu Adanya Dukungan Pemenuhan Sarana Prasarana Pengadilan Demi Untuk Jaga Integritas Hakim.

      dirinya Juga Mengatakan, Hasil Rapat Ini Akan Dibawakan Saat Rapat Dengar Pendapat (rdp) Dengan Mahkamah Agung.

      rapat Kerja Komisi Iii Dpr Ri Ini Dihadiri Enam (6) Anggota Komisi Iii Yakni; H. Arteria Dahlan, S.t. S.h., M.h., Irjen. Pol. (purn.) Drs. H. Safaruddin, Drs. H. Bambang Heri Purnama, S.t., S.h., M.h., Romo H. R. Muhammad Syafii, S.h., M.hum, Drs. Y. Jacki Uly, M.h, Dr. Hinca I.p. Pandjaitan Xiii, S.h., M.h., Accs.

      selain Ke-empat (4) Lingkungan Peradilan, Komisi Iii Juga Melakukan Rapat Dengan Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan, Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan, Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalimantan Selatan, Dan Kementerian Hukum Dan Ham Kalimantan Selatan. (enk/em/pn).

    • Ketua Ma Lepas Satu Hakim Perempuan Istimewa

      yogyakarta-humas: Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.h., M.h. Melepas Ketua Pengadilan Tinggi Agama (pta) Yogyakarta Dr. Dra. Hj. Sisva Yetti, Sh., M.h. Pada Selasa Pagi (30/4) Di Aula Pta Yogyakarta.

      kegiatan Ini Dihadiri Oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial Dr. Sunarto, S.h., M.h., Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung Prof. Dr. Amran Suadi, S.h., M.hum, Anggota Komisi Yudisial Drs. M. Taufik Hz, M.h.i. , Direktur Jenderal Badan Peradilan Mahkamah Agung Drs. Muklis, S.h., M.h, Perwakilan Guberdur Yogyakarta, Para Pejabat Forkopimda Yogyakata, Para Purnabakti Hakim Agung, Para Ketua Pengadilan Tinggi Agama Dari Seluruh Indonesia, Para Ketua Pengadilan Agama Dari Seluruh Wilayah Yogyakarta, Dan Lainnya.

      pelepasan Ini Berdasarkan Petikan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor: 32/p Tahun 2024 Tentang Pemberhentian Hakim Di Lingkungan Peradilan Agama Tanggal 16 Februari 2024. Melalui Petikan Tersebut, Presiden Melepas Sisva Disertai Dengan Ucapan Terima Kasih Atas Pengabdian Dan Jasa-jasanya Selama Bertugas Sebagai Hakim.

      pada Kesempatan Tersebut, Ketua Mahkamah Agung Menyampaikan Apresiasi Yang Setinggi-tinggi Kepada Sisva Yang Telah Bertugas Selama 40 Tahun Sebagai Pengadil Dan Ditambah Pula Tugas Sebagai Pimpinan Pengadilan. Sebagai Hakim Perempuan, Menurut Ketua Mahkamah Agung Tentu Tidak Mudah Dalam Menjalankan Tugas, Membutuhkan Kemampuan Judisial Yang Ekstra Dan Aspek Kepemimpinan Yang Kuat. Apalagi, Menurutnya, Di Antara 34 Ketua Pengadilan Tinggi Agama Se Indonesia, Sisva Merupakan Salah Satu Hakim Perempuan Indonesiadiberikan Amanah Mengemban Tugas Sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama. Ini Merupakan Prestasi Yang Sangat Langka, Istimewa, Dan Membanggakan. Ia Berharap Prestasi Ini Bisa Menjadi Teladan Bagi Hakim-hakim Perempuan Indonesia Lainnya.

      selama 40 Tahun Mengabdi Di Dunia Peradilan, Syarifuddin Yakin Sisva Telah Melewati Beragam Suka Duka Serta Pengalaman Yang Beragam, Termasuk Serangkaian Ujian Yang Pernah Singgah Di Kehidupannya. Ia Yakin Semua Yang Telah Terlewat Itu Menjadi Pengabdian Dan Amal Ibadah Yang Besar Pahalanya Bagi Kehidupan Sisva Dan Keluarga.

      saya Yakin Ibu Telah Melewati Beragam Cerita Suka Dan Duka Serta Ujian Yang Banyak Saat Bertugas Sebagai Hakim, Namun Saya Yakin Juga Dengan Keikhlasan Dan Jihad Ibu, Semua Bisa Terlewati Dengan Sangat Baik Dan Sempurna, Ujarnya.

      sisva Merupakan Satu Dari Dua Hakim Perempuan Yang Istimewa

      dr. Dra. Hj. Sisva Yetti, Sh., M.h. Merupakan Perempuan Kelahiran Bukittinggi 24 April 1957. Ia Mengawali Karir Menjadi Calon Hakim Di Pengadilan Agama Mataram Pada 1984. Di Pengadilan Yang Sama Dua Tahun Setelah Itu (1986) Ia Dilantik Menjadi Hakim Tingkat Pertama. Sama Seperti Hakim-hakim Yang Lain, Sisva Juga Melanglang Buana Ke Berbagai Daerah Di Indonesia Untuk Menjalankan Tugasnya Sebagai Pengadil. Beberapa Daerah Itu Antara Lain Praya, Padang, Surabaya, Bandung, Bangka Belitung, Pontianak Dan Yang Lainnya.

      sebelum Menjabat Sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta, Alumnus Intitut Agama Islam Negeri (iain) Imam Bonjol Ini Pernah Menjabat Sebagai Wakil Ketua Pta Bangka Belitung Pada 2017, Wakil Ketua Pta Mataram Pada 2018, Ketua Pta Kupang Pada 2020, Ketua Pta Pontianak Pada 2022, Dan Ketua Pta Yogyakarta Pada 2023 Hingga Memasuki Masa Purnabakti.

      di Bawah Kepemimpinannya, Pta Yogyakarta Menjadi Satu-satunya Pengadilan Tingkat Banding Di Wilayah Jawa Yang Mendapatkan Predikat Wbbm Dari Kementerian Reformasi Dan Birokrasi.

      ketua Mahkamah Agung Mengatakan Bahwa Di Antara 34 Ketua Pengadilan Tinggi Agama Di Indonesia, Sisva Yetti Merupakan Salah Satu Hakim Perempuan Indonesia Yang Diberi Tanggung Jawab Sebagai Pimpinan Pengadilan Tinggi. Dalam Data Yang Dimiliki Syarifuddin, Saat Ini Baru Ada 2 Hakim Perempuan Di Lingkungan Peradilan Agama Yang Memiliki Tugas Sebagai Ketua. Baginya Ini Merupakan Prestasi Langka Dan Istimewa. Ia Berharap Ini Bisa Diteladani Oleh Para Srikandi Peradilan Lainnya.

      dalam Kesempatan Yang Sama, Sisva Yetti Bersyukur Dapat Menjalankan Amanah Dengan Baik Hingga Purna Tugas. Ia Berharap Ke Depannya Seluruh Jajaran Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta Dapat Terus Menjaga Profesionalitas Dan Integritas Dengan Jauh Lebih Baik.

      di Akhir Sambutannya, Ketua Mahkamah Agung Menyampaikan Terima Kasih Dan Penghargaan Setinggi-tingginya Kepada Sisva Dengan Iringan Doa Ia Akan Selalu Sehat Dan Bahagia Bersama Keluarga. (azh/rs/photo:yrz)

  • Berita Informasi Badan Peradilan Umum (Badilum)

    • Bersama Ustaz Adi Hidayat, Ditjen Badilum Laksanakan Halalbihalal Dengan Pengadilan Tinggi Dan Pengadilan Negeri Se-indonesia

      menyemarakkan Perayaan Idul Fitri 1445 Hijriyah, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Mengadakan Kegiatan Halalbihalal Dan Silaturahmi Ini Pada Hari Selasa, 30 April 2024 Di Ruang Command Center Ditjen Badilum. Kegiatan Ini Dibuka Langsung Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum H. Bambang Myanto, S.h. M.h. Dan Menghadirkan Penceramah Ustaz Dr. (h.c.) Adi Hidayat, Lc., M.a.

      tausiyah Yang Diberikan Kepada Warga Peradilan Kali Ini Memiliki Tema Dengan Semangat Halalbihalal, Kita Perkuat Silaturahmi Dan Bangun Kebersamaan Untuk Mewujudkan Peradilan Bermartabat. Kegiatan Halalbihalal Ini Diikuti Secara Online Oleh Para Ketua, Wakil Ketua, Pejabat Dan Pegawai Dari Pengadilan Tinggi Dan Pengadilan Negeri Di Seluruh Indonesia.

      hadir Secara Langsung Mengikuti Halalbihalal Ini Para Pejabat Di Lingkungan Peradilan Umum, Termasuk Ketua Pengadilan Tinggi Banten Dr. Andriani Nurdin, S.h., M.h., Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Jakarta Dr. Pontas Effendi, S.h., M.h., Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Umum Zahlisa Vitalita S.h., M.h., Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum Hasanudin S.h., M.h., Sekretaris Ditjen Badilum Kurnia Arry Soelaksono, S.e, S.h., M.hum., Serta Para Ketua Dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Di Jakarta Dan Sekitarnya.

      para Pejabat Dan Pegawai Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Yang Mengikuti Kegiatan Ini Menyimak Dengan Penuh Perhatian Materi Yang Disampaikan.

      kegiatan Halalbihalal Dan Silaturahmi Ini Diakhiri Dengan Doa Bersama Serta Pemberian Santunan Dan Bingkisan Kepada Anak Yatim Piatu Dari Tpq Al Hasanah. Bantuan Kepada Anak Yatim Diberikan Oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Didampingi Ustaz Dr. (h.c.) Adi Hidayat, Lc., M.a., Para Pejabat Ditjen Badilum Serta Para Pimpinan Pengadilan Tinggi Dan Pengadilan Negeri Yang Hadir Dalam Kegiatan Halalbihalal Ini.

    • Tingkatkan Layanan Kalangan Rentan, Ditjen Badilum Selenggarakan Bimbingan Teknis Pelayanan Hukum Disabilitas Di Makassar

      kalangan Rentan Seperti Penyandang Disabilitas Sering Mengalami Kesulitan Dalam Mendapatkan Pelayanan, Termasuk Layanan Keadilan. Oleh Karena Itu Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Secara Rutin Mengadakan Bimbingan Teknis Untuk Meningkatkan Pemahaman Aparat Hukum Di Pengadilan.

      untuk Tahun Anggaran 2024 Ini, Bimtek Disabilitas Kembali Diadakan Di Swiss " Bellhotel Makassar, Pada Hari Rabu-jumat, 24-26 April 2024. Bimbingan Teknis Pelayanan Hukum Disabilitas Ini Dibuka Oleh Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Umum Zahlisa Vitalita, S.h., M.h.,  bersama Ketua Pengadilan Tinggi Makassar Dr. H. Zainuddin, S.h., M.hum. Dan Sekretaris Pengadilan Tinggi Makassar Andi Baso K, S.h.

      kegiatan Ini Diikuti Para Ketua Pengadilan Negeri Dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Di Wilayah Sulawesi Selatan.

      bimbingan Teknis Ini Menghadirkan Narasumber Yaitu:

      Eliza Octavianti Rogi, S.pd, Ketua Umum Persatuan Orang Tua Anak Dengan Down Syndrom (potads) Drs. Gufron Sakaril, M.m. Dari Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (ppdi), Dan Dr. Husnul Khotimah, S.h., M.h., Wakil Ketua Pengadilan Negeri Mojokerto.

      diharapkan Dengan Bimbingan Teknis Ini, Para Pimpinan Pengadilan Negeri Di Sulawesi Selatan Dapat Meningkatkan Kualitas Layanan Pada Para Penyandang Disabilitas Di Satuan Kerja Masing-masing.