berakhlak
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur

Komplek Perkantoran Bukit Menderang, Desa Rano, Muara Sabak, Tanjung Jabung Timur

Daftar Pegawai Kesekretariatan

Daftar Pegawai Kesekretariatan





  • Berita Terbaru Mahkamah Agung

    • Penyerahan Bantuan Dana Bea Siswa Oleh Dharmayukti Karini Kepada 617 Putra Putri Warga Peradilan

      jakarta " Humas : Penyerahan Bantuan Dana Bea Siswa (bdbs) Yang Merupakan Program Unggulan Dharmayukti Karini Mahkamah Agung Berlangusng Pada Rabu, 17 Juli 2024 Di Lantai 2 Tower Gedung Mahkamah Agung.

      ketua Mahkamah Agung, Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.h., M.h. Saat Mengahadiri Acara Tersebut Dalam Sambutannya Menyampaikan, Program Bantuan Dana Beasiswa (bdbs) Ini, Merupakan Tradisi Baik, Yang Rutin Yang Dilaksanakan Oleh Organisasi Dharmayukti Karini. Tradisi Menunjukkan Bahwa Organisasi Wanita Peradilan, Tidak Hanya Berperan Dalam Menunjang Kinerja Anggota Atau Suami, Baik Dalam Mejaga Integritas Maupun Dalam Melaksanakan Tugas-tugas Yudisial, Akan Tetapi Dharmmayukti Karini Juga Ambil Bagian Dalam Peran-peran Sosial Dalam Rangka Membantu Antar Sesama.

      lebih Lanjut Pelindung Dharmayukti Karini Mahkamah Agung Ini Mengucapkan Syukur Alhamdulillah, Karena Tahun Ini Dharmayukti Berhasil Mengumpulkan Total Dana Beasiswa Sebesar Rp. 371.950.000,00 (tiga Ratus Tujuh Puluh Satu Juta Sembilan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah). Angka Ini Naik Signifikan Dari Tahun Sebelumnya Yang Berjumlah Rp. 314.450.000,00 (tiga Ratus Empat Belas Juta Empat Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah), Atau Mengalami Kenaikan Sebesar Rp. 57.500.000,00 (lima Puluh Tujuh Juta Lima Ratus Ribu Rupiah). Dan Hari Ini, Dana Tersebut Akan Dibagikan Kepada Anak-anak Kita Sebanyak 617 Siswa, Yang Mana Angka Ini Juga Naik Dari Tahun Sebelumnya, Yang Berjumlah 571 Siswa.

      ketua Ma Menghaturkan Apresiasi Yang Setinggi-tingginya, Kepada Segenap Jajaran Pengurus Dan Anggota Dharmayukti Karini Mahkamah Agung, Atas Inisiatif Dan Terselenggaranya Kegiatan Yang Mulia Ini, Serta Kepada Semua Pihak Yang Telah Mendukung Terlaksananya Program Ini.

      sementara Itu Ketua Umum Dharmayukti Karini Mahkamah Agung, Hj. Budi Utami Syarifuddin Menyampaikan Kegiatan Bdbs Tahun Ini Mengusung Tema "dengan Program Bantuan Dana Bea Siswa (bdbs) Dharmayukti Karini Mendukung Putra Putri Warga Peradilan Meraih Sukses". Tema Ini Menggambarkan Tujuan Mulia Kita Bersama Untuk Memastikan Bahwa Setiap Putra Putri Warga Peradilan Memiliki Kesempatan Yang Sama Untuk Bisa Memperoleh Pendidikan Yang Baik Dan Berkualitas Demi Meraih Cita-citanya.

      dirinya Berharap Pemberian Bantuan Ini Dapat Meringankan Beban Orang Tua Dalam Memenuhi Kebutuhan Pendidikan Bagi Putra Putrinya. Bantuan Bea Siswa Ini Tidak Hanya Berupa Dukungan Finansial, Tetapi Juga Sebagai Bentuk Motivasi Kepada Putra Putri Kita Agar Lebih Giat Lagi Belajar Untuk Meraih Prestasi Yang Setinggi-tingginya.

      atas Nama Pimpinan Dharmayukti Karini, Budi Utami Mengucapkan Terima Kasih Yang Sebesar-besarnya Kepada Semua Pihak Yang Telah Berkontribusi Dalam Pemberian Dana Bea Siswa Ini. Semoga Niat Yang Ikhlas Dalam Hati Sanubari Kita Untuk Berbagi Kepada Sesama, Dapat Membukakan Pintu Rejeki Yang Seluas-luasnya Dan Tentunya Menjadi Amal Pahala Yang Terus Mengalir Kepada Kita Semua. Aamiin Yaa Robbal Alamin.., Ucapnya.

      hadir Pada Acara Tersebut, Pimpinan Mahkamah Agung, Hakim Agung, Sekretaris Mahkamah Agung, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, Direktur Jenderal Badan Peradilan Militer Dan Tata Usaha Negara Serta Pengurus Pusat Dharmayukti Karini Mahkamah Agung. (enk/pn/photo:alf,adr,sno).

    • Kunker Ke Kalimantan Tengah Komisi Iii Ungkap Hakim Independen Dalam Menegakkan Keadilan

      pangkalan Bun - Humas: Komisi Iii Dpr-ri Melaksanakan Kunjungan Kerja Ke Provinsi Kalimantan Tengah Dalam Rangka Reses Masa Persidangan V Tahun Sidang 2023-2024.

      rapat Kerja Komisi Iii Dpr-ri Dengan Tiga Peradilan Sewilayah Kalimantan Tengah, Dan Kementerian Hukum Dan Ham Berlangsung Pada Senin, 15 Juli 2024 Di Ballroom Batuah Hotel Mercure Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah Yang Dipimpin Ketua Tim Ir. Pangeran Khairul Saleh, M.m Dan Sembilan Anggota.

      kunker Komisi Iii Ini Meminta Penjelasan Ketua Pengadilan Tinggi, Ketua Pengadilan Tinggi Agama, Dan Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Terkait Dengan Realisasi Anggaran Semester 1 Tahun 2024, Program Prioritas, Serta Kebutuhan Anggaran Yang Masih Diperlukan Dalam Upaya Optimalisasi Tugas Dan Fungsi Peradilan Serta Pengawasan Tentang Data Perkara Yang Menonjol Di Lingkungan Peradilan Kalimantan Tengah Terkait Permasalahan Eksekusi Yang Kerap Terjadi, Meminta Data Laporan Jumlah Perkara Yang Sudah Memiliki Putusan Yang Berkekuatan Hukum Tetap Namun Belum Dieksekusi Serta Penjelasan Terkait Program Peningkatan Integritas Dan Kapasitas Di Wilayah Peradilan.

      tiga Peradilan Sewilayah Kalimantan Tengah Yang Mengikuti Rapat Tersebut Yakni, Pengadilan Tinggi Palangka Raya, Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya, Pengadilan Tata Usaha Negara Palangka Raya, Masing-masing Beserta Jajarannya.

      menjawab Pertanyaan Komisi Iii Dpr-ri Ketua Pengadilan Tinggi Palangka Raya Sujatmiko, S.h., M.h Dalam Paparannya Menyampaikan Program Prioritas Pengadilan Tinggi Palangka Raya Di Tahun 2023-2024 Adalah; Terwujudnya Proses Pengadilan Yang Pasti, Meningkatkan Efektifitas Pengelolaan Perkara Dan Peningkatan Penyelesaian Perkara Tepat Waktu.

      dalam Wilayah Kalimantan Tengah Terdapat Empat Pengadilan Negeri Yang Belum Memiliki Rumah Dinas Yaitul; Pengadilan Negeri Tamiang Layang, Pengadilan Negeri Kuala Kurun, Pengadilan Negeri Nanga Bulik, Dan Pengadilan Negeri Pulang Piau. Pengadilan Negeri Kuala Kurun Dan Pengadilan Negeri Nanga Bulik Adalah Pengadilan Negeri Yang Baru Selesai Di Bangun Dan Telah Digunakan.

      lebih Lanjut Sujatmiko Menyampaikan Kendala Dalam Pelaksanaan Eksekusi Adalah; Kurangnya Keseriusan Eksekusi Oleh Pemohon Eksekusi, Biaya Yang Kurang Dari Pemohon Eksekusi, Serta Objek Eksekusi Tidak Berada Dalam Satu Tempat, Dll.

      adapun Upaya Program Peningkatan Integritas Oleh Pengadilan Tinggi Dengan Melakukan Pembinaan Dan Peningkatan Pengetahuan, Keterampilan Kepada Operator Pengadilan, Pembinaan Mental Dan Spiritual Melalui Kegiatan Keagamaan, Perolehan Predikat Wbk Pada Pengadilan Tinggi Palangka Raya, Pengadilan Negeri Sampit, Dan Pengadilan Negeri Pangkalan Bun.

      sementara Itu Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya Drs. H. Tarsi, S.h., M.h Menyampaikan Di Pengadilan Tinggi Agama Sewilayah Kalimantan Tengah Terdapat 13 Pengadilan Agama, Delapan Diantaranya Tidak Memiliki Rumah Dinas.

      dirinya Mengatakan Kondisi Sdm Di Pta Palangka Raya Terdapat Enam Pengadilan Agama Yang Hanya Memiliki Tiga Orang Hakim, Dan Terdapat Lima Pengadilan Yang Memiliki Hakim Empat Orang Termasuk Ketua Dan Wakil Ketua, Total Aparatur Sewilayah Pta Kalimantan Tengah Hanya 55 Orang.

      lebih Lanjut Dikatakan Peningkatan Integritas Telah Melaksanakan Pembinaan Oleh Pimpinan Dan Hakim Tinggi Sebulan Sekali Dan Sewaktu-waktu Pengadilan Tinggi Agama Melakukan Sidak Ke Daerah-daerah.

      ketua Pta Palangka Raya Berharap Kepada Komisi Iii Agar Mendorong Pemerintah Meningkatkan Kesejahteraan Aparatur Melalui Pembangunan Rumah Dinas.

      ditempat Yang Sama Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Palangka Raya Muhammad Ilham, S.h., M.h Juga Menyampaikan Jenis Penanganan Perkara Tertinggi Yaitu Kepala Desa (pemberhentian Kepala Desa Dan Perangkat Desa). Tidak Ada Perkara Yang Menonjol/menarik Perhatian Masyarakat. Dari Tahun 2023 Sampai Sekarang Tidak Ada Kendala Terhadap Pelaksanaan Eksekusi Perkara. Ilham Mengatakan Peningkatan Integritas Dan Kapasitas Yang Dilakukan Yaitu Mengikuti Bimbingan Teknis Serta Pengawasan.

      terkait Paparan Yang Telah Disampaikan Tiga Peradilan, Komisi Iii Dpr-ri Dr. Hinca Ip Panjaitan Xii, M.h., Accs Menyampaikan Agar Kedepannya Mahkamah Agung Membuka Komunikasi Dengan Legislatif, Yudikatif Harus Menjadi Instrumen Negara Yang Mewujudkan Keadilan Bagi Masyarakat. Kedepannya Perlu Dibentuk Badan Khusus Untuk Melaksanakan Eksekusi Terhadap Putusan Yang Telah Berkekuatan Hukum Tetap Di Peradilan, Ujarnya.

      hal Senada Juga Disampaikan Komisi Iii Dpr-ri Dr. Benny Kabur Harman, S.h Bahwa Hakim Harus Menjadi Hakim Yang Independen Dan Tidak Boleh Tunduk Pada Penguasa Sehingga Diharapkan Putusan Pengadilan Harus Mewujudkan Keadilan Bagi Masyarakat.

      benny Berharap Kedepannya Kompetensi Hakim Harus Ditingkatkan. Dan Terkait Eksekusi Dirinya Mengatakan Pengadilan Harus Mampu Mencarikan Solusi Atas Hambatan - Hambatan Yang Ada.

      acara Yang Dilaksanakan Secara Daring Ini, Diikuti Warga Peradilan Sewilayah Kalimantan Tengah Dan Diakhiri Dengan Pertukaran Plakat Serta Foto Bersama Warga Peradilan Dengan Komisi Iii Dpr-ri. (enk/ims/pn).

  • Berita Informasi Badan Peradilan Umum (Badilum)

    • Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Kunjungi Pengadilan Negeri Kepanjen Kabupaten Malang

      dalam Rangkaian Perjalanan Dinas Di Wilayah Provinsi Jawa Timur, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Ri, H. Bambang Myanto, S.h., M.h. Melakukan Kunjungan Ke Pengadilan Negeri Kepanjen Yang Berlokasi Di Kabupaten Malang, Pada Hari Senin, 15 Juli 2024. dalam Kunjungan Kerja Ini, Beliau Disambut Oleh Pengadilan Negeri Kepanjen Ayun Kristiyanto, S.h., M.h Dan Wakil Pengadilan Negeri Kepanjen Amin Imanuel Bureni, S.h., M.h. Beserta Para Pejabat Dan Pegawai Di Satuan Kerja.

      pada Kunjungan Ini, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum,  Meninjau Meja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (ptsp) Di Pengadilan Negeri Kepanjen Dan Berbincang Dengan Petugas Meja Layanan. Kunjungan Ke Pengadilan Negeri Kepanjen Ini Merupakan Salah Satu Bentuk Pembinaan Dan Pengawasan Ditjen Badilum Kepada Satuan Kerja Pengadilan Negeri Di Bawahnya. Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum  Juga Berkesempatan Berdiskusi Dengan Para Hakim, Calon Hakim, Pejabat Dan Pegawai Pengadilan Negeri Kepanjen.

    • Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Berikan Penghargaan Kepada Pengadilan Tinggi Pembina Pengelolaan Anggaran Satuan Kerja Terbaik

      sebagai Penghargaan Terhadap Peran Pengadilan Tinggi Dalam Pembinaan Pengelolaan Anggaran Program Penegakan Dan Pelayanan Hukum (dipa 03) Di Pengadilan Negeri Selama Tahun Anggaran 2023 Yang Lalu, Ditjen Badilum Memberikan Penghargaan Kepada Pengadilan Tinggi Dengan Rata-rata Nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (ikpa) Tertinggi Di Wilayahnya. penghargaan Ini Diberikan Pada Rangkaian Kegiatan Penyusunan Rka-kl Dipa 03 Di Grand Mercure Malang Mirama, Jawa Timur Pada Hari Senin, 15 Juli 2024 Oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h. Didampingi Sekretaris Ditjen Badilum, Kurnia Arry Soelaksono, S.h., M.hum Dan Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya, Dr. H. Kresna Menon, S.h., M.hum.

      penghargaan Pembinaan Terbaik Dengan Kategori Jumlah Satuan Kerja Pengadilan Negeri Di Bawahnya Sejumlah 1 S.d. 10 Satker Diberikan Kepada Pengadilan Tinggi Bangka Belitung Dengan Nilai Rata-rata Ikpa 96,06%.

      penghargaan Pembinaan Terbaik Dengan Kategori Jumlah Satuan Kerja Pengadilan Negeri Di Bawahnya Sejumlah 11 S.d. 20 Satker Diberikan Kepada Pengadilan Tinggi Riau Dengan Nilai Rata-rata Ikpa 96,64%.

      penghargaan Pembinaan Terbaik Dengan Kategori Jumlah Satuan Kerja Pengadilan Negeri Di Bawahnya Lebih Dari 21 Satker Diberikan Kepada Pengadilan Tinggi Semarang Dengan Nilai Rata-rata Ikpa 94,73%.