berakhlak
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur

Komplek Perkantoran Bukit Menderang, Desa Rano, Muara Sabak, Tanjung Jabung Timur

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanjung Jabung Timur resmi dilantik oleh Ketua Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur Bapak Rais Torodji, S.H.,M.H.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanjung Jabung Timur resmi dilantik oleh Ketua Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur Bapak Rais Torodji, S.H.,M.H.

Muara Sabak – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanjung Jabung Timur resmi dilantik oleh Ketua Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur Bapak Rais Torodji, S.H.,M.H. Pelantikan berlangsung di ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Senin (7/10/2019). [Selengkapnya…]




«


  • Berita Terbaru Mahkamah Agung

    • Ketua Mahkamah Agung Resmikan Lapangan Tenis Mahkamah Agung

      jakarta " Humas : Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.h., M.h Meresmikan Lapangan Tenis Mahkamah Agung Pada Rabu, 24 April 2024 Bertempat Di Lantai 9 Gedung Serbaguna Mahkamah Agung.

      mengawali Sambutannya Ketua Ma Mengucapkan Rasa Syukur Atas Selesainya Pembangunan Fasilitas Lapangan Tenis Di Kompleks Mahkamah Agung.

      lapangan Tenis Ini Tentunya Bukanlah Sekadar Fasilitas Olahraga Biasa, Tapi Juga Simbol Dari Tradisi Yang Telah Tertanam Di Tengah Warga Peradilan. Sudah Sejak Lama, Olahraga Tenis Telah Menjadi Bagian Integral Dari Kehidupan Aparatur Peradilan, Ujar Guru Besar Universitas Diponegoro Ini.

      dirinya Menambahkan, Tenis Tidak Lagi Menjadi Sekedar Aktivitas Fisik Semata, Tetapi Juga Menjadi Ajang Untuk Membangun Persaudaraan, Kebersamaan, Berbalut Semangat Sportivitas Yang Positif.

      pada Kesempatan Yang Sama, Ketua Persatuan Tenis Warga Peradilan (ptwp) Daerah, Dr. Drs. Muhammad Yunus Wahab, S.h., M.h, Dalam Laporannya Menyampaikan, Lapangan Tenis Ini Merupakan Pengganti Lapangan Tenis Yang Lama, Pengerjaannya Sejak 1 September 2022, 2 Bulan Sebelum Ptwp Nasional Di Selenggarakan Di Semarang.

      menurutnya Lapangan Tenis Ini Juga Masih Terdapat Kekurangan, Sehingga Diharapkan Kedepannya Akan Dibenahi Lagi.

      hal Senada Juga Disampaikan Ketua Umum Ptwp Pusat, Dr. Prim Haryadi, S.h., M.h, Walaupun Masih Ada Beberapa Kekurangan Yang Perlu Di Benahi Namun Kita Bersyukur Karena Kita Telah Memiliki Lapangan Tenis Sendiri Yang Berada Di Lingkungan Kantor Mahkamah Agung.

      lebih Lanjut Mantan Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Ini Mengatakan, Olahraga Tenis Ini Merupakan Olahrga Resmi Yang Selama Ini Dimiliki Mahkamah Agung, Yang Tentunya Dengan Keberadaan Lapangan Tenis Ini, Diharapkan Selain Dapat Meningkatkan Presatasi, Bisa Juga Digunakan Oleh Satker Dari Daerah Ptwp Di Wilayah Jakarta Baik Yang Di Tingkat Banding Maupun Tingkat Pertama.

      diakhir Sambutannya, Prof. Syarifuddinberharap Agar Nilai-nilai Positif Tercipta Di Lapangan Ini, Agar Fasilitas Olahraga Ini Menjadi Wadah Kita Membangun Kebersamaan, Sportifitas, Serta Menjadi Tempat Di Mana Talenta-talenta Muda Peradilan Diasah, Sekaligus Menjadi Tempat Mana Kita Bertemu Dan Mempererat Silaturahmi, Sehingga Ikatan Persaudaraan Di Antara Kita Semakin Kuat.

      acara Diakhiri Dengan Penandatanganan Prasasti Oleh Ketua Mahkamah Agung, Didampingi Wakil Ketua Mahkamah Agung Budang Yudisial, Ketua Umum Ptwp Pusat Dan Plt. Sekretaris Mahkamah Agung.

      hadir Pada Acara Tersebut, Para Ketua Kamar Pada Mahkamah Agung, Panitera Mahkamah Agung, Pejabat Eselon I Mahkamah Agung, Pengurus Dan Anggota Ptwp Mahkamah Agung, Serta Para Undangan Lainnya. (enk/pn/photo: Yrz,alf).

    • Lantik Kepala Pengadilan Militer Tingkat Banding, Kma Ingatkan Ekspetasi Publik Terhadap Pengadilan, Ibarat Hidup Diruang Kaca Yang Transparan

      jakarta-humas: Di Tengah Tingginya Ekspektasi Publik Terhadap Lembaga Peradilan, Terlebih Di Era Keterbukaan Informasi Seperti Sekarang Ini, Kita Ibarat Hidup Di Suatu Ruang Kaca Yang Transparan, Di Mana Semua Mata Bisa Memandang, Dan Semua Orang Bisa Memberi Penilaian Terhadap Kinerja Yang Kita Lakukan. Di Saat Seperti Inilah, Kepemimpinan Yang Kokoh Amat Kita Butuhkan Untuk Membangun Integritas Hakim Dan Aparatur Peradilan. Perlu Kita Camkan Bersama, Bahwa Memelihara Integritas Adalah Harga Mati, Tanpa Integritas, Kehormatan Kita Akan Mati!

      demikian Disampaikan Oleh Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.h., M.h Dalam Pidato Pelantikan Kepala Pengadilan Militer Utama Dan Kepala Pengadilan Militer Tinggi, Pada Hari Selasa 23 April 2024, Bertempat Diruang Kusumaatmadja Lantai 14 Gedung Mahkamah Agung.

      lebih Lanjut Ketua Mahkamah Agung Mengatakan Pemimpin Di Pengadilan Militer Juga Turut Andil Menjaga Disiplin Di Dalam Barisan Angkatan Bersenjata, Sehingga Setiap Pelanggaran Terhadap Hukum Yang Dilakukan Oleh Prajurit Dapat Diminimalisir Dan Diselesaikan Secara Tegas, Adil, Efisien Dan Transparan. Untuk Itu, Dibutuhkan Suatu Kualitas Kepemimpinan Yang Khas, Yang Berintegritas Tinggi, Kemampuan Bekerja Dalam Tekanan, Kemampuan Komunikasi Yang Baik, Dan Keberanian Untuk Mengambil Keputusan Sulit Ketika Diperlukan.

      menurutnya, Kepemimpinan Di Pengadilan Militer Tidak Hanya Membutuhkan Keahlian Hukum Yang Mendalam, Tetapi Juga Kepekaan Terhadap Aspek-aspek Khusus Yang Terkait Dengan Hukum Kemiliteran. Pemimpin Di Pengadilan Militer Harus Memahami Kode Etik, Aturan, Dan Tata Cara Yang Berlaku Di Dalam Kehidupan Militer, Di Samping Mampu Memastikan Bahwa Proses Hukum Berjalan Sesuai Dengan Prinsip-prinsip Keadilan Dan Hak Asasi Manusia.

      seorang Pemimpin Yang Baik Bukan Hanya Dituntut Untuk Mampu Memberikan Instruksi Dan Perintah, Namun Juga Harus Mampu Memberikan Contoh Keteladanan Yang Baik Bagi Seluruh Anggotanya. Petuah Lama Selalu Mengingatkan Kita: The Most Effective Leader Is One Who Leads By Example, Not Just By Instructions (pemimpin Yang Paling Efektif Adalah Mereka Yang Memberikan Contoh, Bukan Sekedar Instruksi), Ujar Mantan Kepala Badan Pengawasan Mahkamah Agung.

      diakhir Sambutannya, Prof Syarifuddin Berharap Kepada Bapak Dan Ibu Yang Baru Saja Dilantik, Agar Mampu Menjalankan Fungsi Kawal Depan (voor Post) Secara Maksimal, Dalam Rangka Mengawasi Perilaku Dan Etika Aparatur Peradilan Militer Dalam Melaksanakan Tugas. Demikian Juga Kepada Para Pimpinan Pengadilan Tingkat Banding Pada Umumnya. Saya Ingin Berpesan, Bahwa Seorang Pimpinan Di Pengadilan Tingkat Banding, Harus Peka Terhadap Setiap Laporan Dan Pengaduan, Atas Pelanggaran Disiplin Dan Pelanggaran Kode Etik, Yang Berpotensi Merusak Kehormatan Dan Nama Baik Pengadilan.

      adapun Kepala Pengadilan Militer Utama Dan Kepala Pengadilan Militer Tinggi Yang Dilantik Sebagai Berikut :

      1. Laksma Tni Ismu Edy Aryanto, S.h., M.h

      Sebagai Kepala Pengadilan Militer Utama

      2. Laksma Tni Tuty Kiptiani, S.h., M.h

      Sebagai Kepala Pengadilan Militer Tinggi Ii Jakarta

      3. Laksma Tni Hari Aji Sugianto, S.h., M.h

      Sebagai Kepala Pengadilan Militer Tinggi I Medan

      4. Brigjen Tni Dr. Esron Sinambela, S.s., S.h., M.h

      Sebagai Kepala Pengadilan Tinggi Iii Surabaya

      acara Pelantikan Ini Juga Dihadiri Oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Para Ketua Kamar Pada Mahkamah Agung, Pejabat Eselon I Dan Ii Dilingkungan Mahkamah Agung, Ketua Dharmayukti Karini Mahkamah Agung, Serta Para Undangan Lainnya. (humas)

  • Berita Informasi Badan Peradilan Umum (Badilum)

    • Tingkatkan Kompentensi Aparatur Peradilan, Ditjen Badilum Jalin Kerja Sama Dengan Universitas Jenderal Sudirman

      salah Satu Upaya Meningkatkan Kompetensi Aparatur Di Lingkungan Peradilan Umum Adalah Dengan Memberikan Kesempatan Untuk Meningkatkan Jenjang Pendidikan. Guna Menjawab Tantangan Tersebut, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Menjalin Kerjasama Dengan Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman.

      pada Hari Rabu, Tanggal 24 April 2024, Bertempat Di Gedung Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soerdirman, Direktur Jenderal Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h., Didampingi Oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum, Hasanudin, S.h., M.h., Melakukan Penandatanganan Kerja Sama Dengan Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman Yang Dihadiri Langsung Oleh Dekan, Prof. Dr. Muhammad Fauzan, S.h., M.hum.

      perjanjian Kerja Sama Tersebut Menggambarkan Suatu Kolaborasi Harmonis Antara Akademisi Dan Praktisi Hukum. Beberapa Bentuk Kerja Sama Yang Terjalin Antara Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Dengan Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman Diantaranya Mengenai Pengembangan Potensi Bagi Hakim Maupun Pegawai Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Yang Ingin Terus Mengembangkan Kompetensinya Dengan Melanjutkan Pendidikan Dan Pertukaran Tenaga Pengajar.

    • Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Hadiri Rapat Finalisasi Kurikulum & Modul Pelatihan Administrasi Mahkamah Agung Ri

      pendidikan Dan Pelatihan Manajemen Dan Kepemimpinan Badan Strategi Kebijakan Dan Pendidikan Dan Pelatihan Hukum Peradilan Mahkamah Agung Ri Mengadakan Rapat Finalisasi Kurikulum Dan Modul Pelatihan Manajemen Administrasi. Rapat Dipimpin Kepala Posdiklat Manajemen Dan Kepemimpinan Mahkamah Agung, Darmoko Yuti Witanto , S.h.,dan Diikuti Para Hakim Yustisial, Panitera Dan Sekretaris Dari 4 Wilayah Pengadilan Di Mahkamah Agung. dalam Rapat Finalisasi Yang Dilaksanakan Tanggal 2-4 April 2024 Ini Telah Disahkan Kurikulum Dan Modul Kepemimpinan Badan Peradilan Tata Usaha Negara, Menyusun Kurikulum Dan Modul Badan Peradilan Aagama Dan Badan Peradilan Umum Yang Telah Rampung Beberapa Waktu Lalu.

      hadir Pada Kegiatan Ini.direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h. Didampingi Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum, Hasanudin , S.h., M.h. Dirjen Badilum Menyatakan Apresiasi Kepada Para Peserta Rapat Yang Turut Menyumbangkan Ide Dan Gagasan Terselesaikannya Rancangan kurikulum Dan Modul Kepemimpinan Di Wilayah Hukum Mahkamah Agung.

      beliau Berharap Dengan Adanya Modul Ini, Mahkamah Agung Ri Dapat Menjaring Calon Pimpinan Pengadilan Yang Berkualitas Dan Berintegritas Sehingga Terwujud Badan Peradilan Yang Agung.