berakhlak
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur

Komplek Perkantoran Bukit Menderang, Desa Rano, Muara Sabak, Tanjung Jabung Timur

Penelaahan RKA-K/L DIPA 03 TA. 2022

Penelaahan RKA-K/L DIPA 03 TA. 2022

Muara Sabak – Sekretaris Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur Bapak Edi Edison, S. Kom dengan didampingi oleh Kepala Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan Ibu Mahdalena, A. Md mengikuti kegiatan Penelaahan Rencana Kerja Anggaran Kementerian Lembaga (RKA-K/L) tahun 2022 secara virtual melalui Zoom Meeting bertempat  di ruang sidang anak.

Berdasarkan surat Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum nomor 576/DJU.1/KU.01/7/2021 tanggal 8 Juli 2021 ini, Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur yang berada di wilayah Pengadilan Tingkat Banding – Pangadilan Tinggi Jambi dijadwalkan mengikuti kegiatan pada hari ini Selasa (13/7). Kegiatan diikuti dengan menerapkan protokol kesehatan. (HUMAS-PN.TJT)

Selengkapnya




«


  • Berita Terbaru Mahkamah Agung

    • Ketua Ma Lepas Satu Hakim Perempuan Istimewa

      yogyakarta-humas: Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.h., M.h. Melepas Ketua Pengadilan Tinggi Agama (pta) Yogyakarta Dr. Dra. Hj. Sisva Yetti, Sh., M.h. Pada Selasa Pagi (30/4) Di Aula Pta Yogyakarta.

      kegiatan Ini Dihadiri Oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial Dr. Sunarto, S.h., M.h., Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung Prof. Dr. Amran Suadi, S.h., M.hum, Anggota Komisi Yudisial Drs. M. Taufik Hz, M.h.i. , Direktur Jenderal Badan Peradilan Mahkamah Agung Drs. Muklis, S.h., M.h, Perwakilan Guberdur Yogyakarta, Para Pejabat Forkopimda Yogyakata, Para Purnabakti Hakim Agung, Para Ketua Pengadilan Tinggi Agama Dari Seluruh Indonesia, Para Ketua Pengadilan Agama Dari Seluruh Wilayah Yogyakarta, Dan Lainnya.

      pelepasan Ini Berdasarkan Petikan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor: 32/p Tahun 2024 Tentang Pemberhentian Hakim Di Lingkungan Peradilan Agama Tanggal 16 Februari 2024. Melalui Petikan Tersebut, Presiden Melepas Sisva Disertai Dengan Ucapan Terima Kasih Atas Pengabdian Dan Jasa-jasanya Selama Bertugas Sebagai Hakim.

      pada Kesempatan Tersebut, Ketua Mahkamah Agung Menyampaikan Apresiasi Yang Setinggi-tinggi Kepada Sisva Yang Telah Bertugas Selama 40 Tahun Sebagai Pengadil Dan Ditambah Pula Tugas Sebagai Pimpinan Pengadilan. Sebagai Hakim Perempuan, Menurut Ketua Mahkamah Agung Tentu Tidak Mudah Dalam Menjalankan Tugas, Membutuhkan Kemampuan Judisial Yang Ekstra Dan Aspek Kepemimpinan Yang Kuat. Apalagi, Menurutnya, Di Antara 34 Ketua Pengadilan Tinggi Agama Se Indonesia, Sisva Merupakan Salah Satu Hakim Perempuan Indonesiadiberikan Amanah Mengemban Tugas Sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama. Ini Merupakan Prestasi Yang Sangat Langka, Istimewa, Dan Membanggakan. Ia Berharap Prestasi Ini Bisa Menjadi Teladan Bagi Hakim-hakim Perempuan Indonesia Lainnya.

      selama 40 Tahun Mengabdi Di Dunia Peradilan, Syarifuddin Yakin Sisva Telah Melewati Beragam Suka Duka Serta Pengalaman Yang Beragam, Termasuk Serangkaian Ujian Yang Pernah Singgah Di Kehidupannya. Ia Yakin Semua Yang Telah Terlewat Itu Menjadi Pengabdian Dan Amal Ibadah Yang Besar Pahalanya Bagi Kehidupan Sisva Dan Keluarga.

      saya Yakin Ibu Telah Melewati Beragam Cerita Suka Dan Duka Serta Ujian Yang Banyak Saat Bertugas Sebagai Hakim, Namun Saya Yakin Juga Dengan Keikhlasan Dan Jihad Ibu, Semua Bisa Terlewati Dengan Sangat Baik Dan Sempurna, Ujarnya.

      sisva Merupakan Satu Dari Dua Hakim Perempuan Yang Istimewa

      dr. Dra. Hj. Sisva Yetti, Sh., M.h. Merupakan Perempuan Kelahiran Bukittinggi 24 April 1957. Ia Mengawali Karir Menjadi Calon Hakim Di Pengadilan Agama Mataram Pada 1984. Di Pengadilan Yang Sama Dua Tahun Setelah Itu (1986) Ia Dilantik Menjadi Hakim Tingkat Pertama. Sama Seperti Hakim-hakim Yang Lain, Sisva Juga Melanglang Buana Ke Berbagai Daerah Di Indonesia Untuk Menjalankan Tugasnya Sebagai Pengadil. Beberapa Daerah Itu Antara Lain Praya, Padang, Surabaya, Bandung, Bangka Belitung, Pontianak Dan Yang Lainnya.

      sebelum Menjabat Sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta, Alumnus Intitut Agama Islam Negeri (iain) Imam Bonjol Ini Pernah Menjabat Sebagai Wakil Ketua Pta Bangka Belitung Pada 2017, Wakil Ketua Pta Mataram Pada 2018, Ketua Pta Kupang Pada 2020, Ketua Pta Pontianak Pada 2022, Dan Ketua Pta Yogyakarta Pada 2023 Hingga Memasuki Masa Purnabakti.

      di Bawah Kepemimpinannya, Pta Yogyakarta Menjadi Satu-satunya Pengadilan Tingkat Banding Di Wilayah Jawa Yang Mendapatkan Predikat Wbbm Dari Kementerian Reformasi Dan Birokrasi.

      ketua Mahkamah Agung Mengatakan Bahwa Di Antara 34 Ketua Pengadilan Tinggi Agama Di Indonesia, Sisva Yetti Merupakan Salah Satu Hakim Perempuan Indonesia Yang Diberi Tanggung Jawab Sebagai Pimpinan Pengadilan Tinggi. Dalam Data Yang Dimiliki Syarifuddin, Saat Ini Baru Ada 2 Hakim Perempuan Di Lingkungan Peradilan Agama Yang Memiliki Tugas Sebagai Ketua. Baginya Ini Merupakan Prestasi Langka Dan Istimewa. Ia Berharap Ini Bisa Diteladani Oleh Para Srikandi Peradilan Lainnya.

      dalam Kesempatan Yang Sama, Sisva Yetti Bersyukur Dapat Menjalankan Amanah Dengan Baik Hingga Purna Tugas. Ia Berharap Ke Depannya Seluruh Jajaran Pengadilan Tinggi Agama Yogyakarta Dapat Terus Menjaga Profesionalitas Dan Integritas Dengan Jauh Lebih Baik.

      di Akhir Sambutannya, Ketua Mahkamah Agung Menyampaikan Terima Kasih Dan Penghargaan Setinggi-tingginya Kepada Sisva Dengan Iringan Doa Ia Akan Selalu Sehat Dan Bahagia Bersama Keluarga. (azh/rs/photo:yrz)

    • Kma Pimpin Wisuda Purnabakti Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandung

      bandung - Humas : "ada Perasaan Haru Setiap Kali Saya Melepas Seorang Ketua Pengadilan Tingkat Banding Memasuki Masa Purnabakti, Di Suatu Sisi, Kita Bersedih Karena Akan Berpisah Dengan Sosok Pimpinan Pengadilan, Yang Telah Memberikan Kontribusi Besar Bagi Lembaga Peradilan.

      namun Di Sisi Lain, Terselip Juga Rasa Bangga, Karena Sosok Pemimpin Yang Akan Kita Lepas, Telah Menyelesaikan Tugasnya Dengan Baik, Hingga Tiba Masanya Untuk Beristirahat Dan Menikmati Waktu-waktu Bahagia Bersama Keluarga."

      demikian Disampaikan Oleh Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.h., M.h Saat Memimpin Langsung Wisuda Purnabakti Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandung Drs. H. R.m Zaini S. H, M. H. Hari Senin, 29 April 2024, Bertempat Di Hotelel Royale Bandung.

      dalam Sambutannya Prof Syarifuddin Mengatakan Wisuda Hari Ini Merupakan Apresiasi, Atas Purnanya Perjalanan Karir Yang Telah Di Tempuh Oleh Drs. H. R. M. Zaini, S.h., M.h.i. Sebagai Seorang Hakim, Penegak Hukum Dan Keadilan.

      menurutnya Selama Empat Puluh Tahun Mengabdi, Drs. H. R. M. Zaini, S.h., M.h.i. Telah Menunjukkan Nilai-nilai Dedikasi Dan Tanggung Jawab Yang Tinggi Dalam Mengabdi Kepada Bangsa Dan Negara.

      "dibutuhkan Loyalitas Ekstra Dan Mental Yang Kokoh Agar Dapat Menjalaninya Dengan Penuh Integritas. Beratnya Berpindah Dari Satu Kota Ke Kota Lain, Dari Satu Pulau Ke Pulau Lain, Bahkan Terkadang Harus Meninggalkan Istri, Anak Dan Keluarga Tercinta. Belum Lagi Godaan Yang Datang Silih Berganti Selama Memangku Jabatan, Namun, Semua Dapat Terlewati Dan Sukses Menutup Masa Pengabdian Dengan Bersih, Tanpa Sedikit Pun Meninggalkan Catatan Hitam", Tutur Guru Besar Universitas Diponogoro

      diakhir Sambutan, Kma Mengucapkan Selamat Kepada Bapak Drs. H. R. M. Zaini, S.h., M.h.i., Yang Memasuki Masa Purnabakti, Mengakhiri Masa Pengabdian Dengan Selamat, Sehat Jiwa Dan Raga.

      acara Purnabakti Dihadiri Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial , Para Ketua Kamar Mahkamah Agung, Para Pejabat Eselon I Pada Mahkamah Agung, Serta Ketua Pengadilan Tingkat Banding Dan Tingkat Pertama Seluruh Indonesia Yang Mengikuti Secara Virtual. (ipr/ Pn/humas)

  • Berita Informasi Badan Peradilan Umum (Badilum)

    • Dukung Pelayanan Publik Yang Prima, Dirjen Badilum Resmikan Renovasi Ptsp Dan Media Center Pengadilan Negeri Cianjur

      pelayanan Terpadu Satu Pintu (ptsp) Merupakan Pelayanan Secara Terintegrasi Dalam Satu Kesatuan Proses, Dimulai Dari Tahap Awal Sampai Dengan Tahap Penyelesaian Produk Pelayanan Pengadilan Melalui Satu Pintu. Ptsp Bertujuan Untuk Mewujudkan Proses Pelayanan Yang Cepat, Mudah, Dan Transparan Sesuai Dengan Standar Yang Telah Ditetapkan Demi Memberikan Pelayanan Yang Prima, Akuntabel, Dan Anti Korupsi, Kolusi, Dan Nepotisme Bagi Masyarakat Pencari Keadilan. Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h., Memberikan Perhatian Khusus Terhadap Ptsp, Karena Ptsp Merupakan Wajah Pertama Lembaga Peradilan. Oleh Karena Itu, Pada Hari Senin, 29 April 2024, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Secara Langsung Meninjau Dan Meresmikan Ptsp Dan Juga media Center Pada Pengadilan Negeri Cianjur. Acara Tersebut Juga Dihadiri Oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Bandung, Dr. Hj. Diah Sulastri Dewi, S.h., M.h. Dan Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Bandung, Dr. Catur Iriantoro, S.h., M.hum.

      kedatangan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Disambut Oleh Ketua Pengadilan Negeri Cianjur, Rudita Setya Hermawan, S.h., M.h. Dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Cianjur, Hera Polosia Destiny, S.h., M.h., Beserta Seluruh Aparatur Pengadilan Negeri Cianjur. Pada Kesempatan Tersebut, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Berpesan Agara Pengadilan Negeri Cianjur Harus Terus Mempertahankan Pelayanan Prima Bagi Para Pencari Keadilan Dan Menjaga Marwah Lembaga Peradilan Setelah Peresmian Ptsp Dan media Center Ini. 

    • Dorong Penanganan Perkara Berbasis Keadilan Restoratif, Ditjen Badilum Selenggarakan Bimtek Bagi Hakim Di Wilayah Pengadilan Tinggi Semarang

      demi Mendorong Peningkatan Penanganan Perkara Berbasis Keadilan Restoratif, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Kembali Menggelar Bimbingan Teknis Penanganan Perkara Berbasis Keadilan Restoratif Bagi Hakim Di Lingkungan Peradilan Umum. Bimbingan Teknis Kali Ini Diselenggarakan Bagi Para Hakim Di Wilayah Pengadilan Tinggi Semarang Dan Dilaksanakan Di Purwokerto Pada Tanggal 23 S.d. 25 April 2024. Kegiatan Dibuka Oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h. Dengan Didampingi Oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Peradilan Umum, Hasanudin, S.h., M.h., Ketua Pengadilan Tinggi Semarang, H. Charis Mardiyanto, S.h., M.h. Sebagai Tuan Rumah, Dan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Bandung, Dr. Hj. Diah Sulastri Dewi, S.h., M.h. Sebagai Salah Satu Narasumber Mewakil Kelompok Kerja Keadilan Restoratif Mahkamah Agung Ri. Pada Kesempatan Tersebut, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Menyampaikan Agar Para Peserta, Yang Terdiri Dari Hakim Di Wilayah Pengadilan Tinggi Semarang, Dapat Mengikuti Bimbingan Teknis Ini Dengan Baik Sehingga Dapat Meningkatkan Kemampuan Para Hakim Dalam Menyelesaikan Perkara Dengan Menerapkan Keadilan Restoratif. Selain Ketua Pengadilan Tinggi Bandung, Turut Hadir Sebagai Narasumber Adalah Dr. Eva Achjani Zulfa, S.h., M.h. (wakil Direktur Sekolah Kajian Strategik Dan Global Universitas Indonesia), Kompol. Agustinus David, S.sos., M.h. (kanit Iii Subdit Iv Renakta Polri), Dan Erni Mustikasari, S.h., M.h. (jaksa Agung Muda Kejaksaan Agung Ri). Masing-masing Narasumber Membahas Mengenai Penanganan Perkara Berbasis Keadilan Restoratif, Mulai Dari Tahap Penyidikan Dari Kepolisian Hingga Tahap Penyelesaian Oleh Para Hakim.