berakhlak
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur

Komplek Perkantoran Bukit Menderang, Desa Rano, Muara Sabak, Tanjung Jabung Timur

E-BROSUR BRAILLE SYARAT-SYARAT UNTUK PENGAJUAN PERMOHONAN DI PENGADILAN NEGERI TANJUNG JABUNG TIMUR

E-BROSUR BRAILLE SYARAT-SYARAT UNTUK PENGAJUAN PERMOHONAN DI PENGADILAN NEGERI TANJUNG JABUNG TIMUR

SYARAT-SYARAT UNTUK PENGAJUAN PERMOHONAN DI PENGADILAN NEGERI TANJUNG JABUNG TIMUR

  1. Permohonan asli bermeterai dan di tandatangani
  2. Softcopy permohonan
  3. Bukti-bukti awal
  4. Fotocopy KTP Pemohon
  5. Surat kuasa yang telah didaftarkan (asli dan fotocopy 1rangkap)
  6. KTP/KTA/BA sumpah kuasa
  7. Bukti setoran bank




«


  • Berita Terbaru Mahkamah Agung

    • Integritas Dan Akhlak Yang Baik Menjadi Harga Mati Bagi Seorang Hakim Dan Apartur Peradilan

      jakarta-humas: Seorang Hakim Dan Aparatur Peradilan Harus Memiliki Kompetensi Dan Profesionalitas, Oleh Karena Itu Jangan Pernah Berhenti Belajar Dan Melatih Diri Dengan Berbagai Keterampilan. Biasakan Untuk Selalu Membaca Di Setiap Waktu Dan Kesempatan, Karena Pengetahuan Bisa Diperoleh Salah Satunya Dengan Membaca, Namun Perlu Diingat Bahwa Selain Profesional, Seorang Hakim Dan Aparatur Peradilan Juga Harus Memiliki Integritas Dan Akhlak Yang Baik, Karena Integritas Dan Akhlak Yang Baik Menjadi Harga Mati Bagi Seorang Hakim Dan Apartur Peradilan.

      hal Ini Disampaikan Ketua Mahkamah Agung Prof. H.m. Syarifuddin, S.h., M.h Dalam Kegiatan Pembinaan Administrasi Yudisial Dengan Seluruh Ketua / Kepala Pengadilan Tingkat Banding Dan Tingkat Pertama Pada 4 (empat) Lingkungan Peradilan Seluruh Indonesia, Pada Hari Selasa, 20 Febuari 2024, Bertempat Di Balai Sidang Jakarta Converence Center, Jakarta.

      lebih Lanjut Ketua Ma Mengatakan Jika Profesionalitas Bisa Diperoleh Dengan Belajar Dan Berlatih, Maka Integritas Dan Akhlak Yang Baik Bisa Dibentuk Melalui Pendekatan Diri Kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, Karena Seorang Yang Rajin Beribadah Dan Dekat Dengan Tuhannya, Akan Memiliki Hati Nurani Yang Bersih Dan Hati Nurani Yang Bersih Itulah Yang Akan Membentuk Integritas Dan Akhlak Yang Baik.

      ditempat Yang Sama, Prof. H.m Syarifuddin Menyatakan Kemajuan Zaman Saat Ini Telah Memaksa Kita Untuk Terus Berkreasi Dan Berinovasi, Agar Kita Tidak Terlindas Oleh Kemajuan Zaman Yang Terjadi Saat Ini. Kita Tidak Bisa Lagi Hanya Diam Diri Dan Berpangku Tangan, Namun Harus Berlari Kencang Agar Tidak Tertinggal Dengan Perubahan Yang Terjadi Di Masyarakat. Disadari Atau Tidak, Sebentar Lagi Dominasi Robot Dan Perangkat Cerdas Akan Mulai Masuk Ke Semua Bidang Pekerjaan, Termasuk Ke Bidang Penegakan Hukum Dan Praktik Peradilan, Maka Mau Tidak Mau, Suka Tidak Suka, Kita Harus Siap Untuk Menghadapi Keadaan Itu Dengan Mempersiapkan Sdm Yang Unggul Dan Terampil Di Bidang It.

      menurutnya Teknologi Adalah Sarana Terbaik Yang Dapat Kita Gunakan Saat Ini Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Lembaga Peradilan, Sehingga Perlu Terus Dikembangkan Untuk Menunjang Kelancaran Tugastugas Peradilan. Berbagai Aplikasi Yang Telah Kita Miliki Saat Ini, Harus Terus Dikembangkan Dan Disempurnakan Agar Dapat Memberikan Manfaat Yang Lebih Besar Bagi Kemajuan Lembaga Peradilan Di Masa Yang Akan Datang. Tentunya Semua Itu Harus Diiringi Dengan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Apartur Peradilan, Karena Modernisasi Hanya Dapat Diwujudkan Oleh Adanya Sumber Daya Manusia Yang Modern Dan Inovatif.

      diakhir Pembinaan, Mantan Ketua Kamar Pengawsan Ini Mengajak Mari Sama-sama Kita Jaga Lembaga Yang Kita Cintai Ini, Dengan Segenap Jiwa Dan Raga Kita, Karena Pada Saat Kita Menentukan Pilihan Untuk Menjadi Seorang Hakim Dan Aparatur Peradilan, Maka Mahkamah Agung Dan Lembaga Peradilan Adalah Rumah Kita, Yang Harus Kita Jaga Dan Kita Pelihara Nama Baiknya, Harkat, Dan Martabatnya, Agar Tetap Menjadi Lembaga Yang Terhormat Dan Berwibawa Di Mata Masyarakat Dan Para Pencari Keadilan. Jangan Karena Nila Setitik Kemudian Merusak Susu Sebelanga, Sehingga Semua Prestasi Yang Pernah Kita Raih Dengan Susah Payah Seakan Menjadi Tidak Berharga Lagi.

      acara Pembinaan Ini, Juga Dihadiri Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Para Ketua Kamar Pada Mahkamah Agung, Para Hakim Agung Dan Hakim Adhoc Pada Mahkamah Agung, Panitera, Plt Sekretaris Mahkamah Agung, Para Pejabat Eselon I Pada Mahkamah Agung, Para Ketua / Kepala Pengadilan Tingkat Banding Dan Tingkat Pertama Pada Empat Lingkungan Peradilan Seluruh Indonesia Dan Para Undangan Lainnya.(humas)

    • Tahun 2023 Merupakan Rekor Dengan Jumlah Sisa Perkara Terendah Dalam Sejarah Berdirinya Mahkamah Agung

      jakarta-humas: Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.h., M.h. Menyampaikan Laporan Tahunan Mahkamah Agung Pada Selasa, 20 Februari 2024 Di Jakarta Convention Centre.

      laporan Tahunan Ini Merupakan Bukti Pertanggungjawaban Mahkamah Agung Kepada Masyarakat. Kesempatan Tersebut Digunakan Ketua Ma Untuk Menyampaikan Capaian-capaian Yang Telah Diraih Mahkamah Agung Selama Tahun 2023, Salah Satunya Adalah Jumlah Beban Perkara Yang Berhasil Diselesaikan Mahkamah Agung.

      beban Perkara Pada Mahkamah Agung Tahun 2023 Adalah Sebanyak 27.512 Perkara, Yang Terdiri Dari Perkara Masuk Sebanyak 27.252 Perkara, Ditambah Dengan Sisa Perkara Tahun2022 Sebanyak 260 Perkara. Dari Jumlah Beban Perkara Tersebut, Mahkamah Agung Berhasil Memutus Perkara Di Tahun 2023 Sebanyak 27.365 Perkara Atau Sebesar 99,47% Sehingga Sisa Perkara Tahun Ini Adalah Sebanyak 147 Perkara. Jumlah Sisa Perkara Tersebut Merupakan Rekor Terendah Yang Pernah Dicapai Dalam Sejarah Berdirinya Indonesia.

      Selanjutnya, Pada Tahun 2023, Mahkamah Agung Telah Berhasil Menyelesaikan Minutasi Perkara Sebanyak 28.422 Perkara. Dari Jumlah Minutasi Perkara Tersebut Sebanyak27.060 Perkara, Atau Sebesar 98,89% Diselesaikan Dalam Waktu Kurang Dari Tiga Bulan. Berdasarkan Data Di Atas, Makahal Itu Menunjukan Bahwa Kinerja Penanganan Perkara Pada Mahkamah Agung Tahun 2023 Telah Jauh Melampaui Target Yang Ditetapkan Dan Sebagian Besar Merupakan Capaian Kinerja Tertinggi Yang Pernah Dicapai Mahkamah Agung Sepanjang Masa.

      untuk Gambaran Kinerja Pengadilan Tingkat Banding Pada Empat Lingkungan Peradilan Dan Pengadilan Pajak Akan Diuraikan Sebagai Berikut: Beban Perkara Pada Tahun 2023 Sebanyak 57.198 Perkara, Yang Terdiri Dari Perkara Masuk Sebanyak 42.670 Perkara, Ditambah Dengan Sisa Perkara Tahun 2022 Sebanyak 14.528 Perkara. Dari Jumlah Tersebut, Perkara Yang Telah Diputus Oleh Pengadilan Tingkat Banding Dan Pengadilan Pajak Adalah Sebanyak 43.832 Perkara. Dengan Demikian, Rasio Produktivitas Penyelesaian Perkara Pada Pengadilan Tingkat Banding Dan Pengadilan Pajak Adalah Sebesar 76,67% Atau Meningkat Sebesar 3,87% Dari Tahun2022.

      pada Kesempatan Yang Sama, Syarifuddin Juga Menyampaikan Gambaran Kinerja Penanganan Perkara Di Pengadilan Tingkat Pertama Pada Empat Lingkungan Peradilan Adalah Sebagai Berikut: Beban Perkara Tahun 2023 Sebanyak 2.845.784 Perkara, Terdiri Dari Perkara Masuk Sebanyak 2.786.073 Perkara, Ditambah Sisa Perkara Tahun 2022 Sebanyak 59.711 Perkara. Dari Jumlah Tersebut, Perkara Yang Diputus Oleh Pengadilan Tingkat Pertama Sebanyak 2.724.345 Perkara, Dan Perkara Yang Dicabut Sebanyak 57.507 Perkara, Sehingga Sisa Perkara Pada Tahun 2023 Adalah Sebanyak 63.932 Perkara. Dengan Demikian, Rasio Produktivitas Memutus Perkara Di Pengadilan Tingkat Pertama Pada Empat Lingkungan Peradilan Adalah Sebesar 97.75%.

      selain Gambaran Penanganan Perkara Secara Umum, Ia Juga Akan Menguraikan Tentang Kinerja Penanganan Perkara Melalui Sistem Peradilan Elektronik (e-court) Sebagai Berikut: Pada Tahun 2023, Jumlah Perkara Perdata, Perkara Perdata Agama, Dan Perkara Tata Usaha Negara Yang Didaftarkan Melalui Aplikasi E-court Di Pengadilan Tingkat Pertama Sebanyak 313.947 Perkara, Atau Meningkat Sebesar 10,86% Dibandingkan Tahun 2022.

      dari Jumlah Tersebut, Sebanyak 311.615 Perkara Atau Sebesar 99,26% Telah Berhasil Disidangkan Secara E Litigation Atau Meningkat Sebesar 9,92% Dari Tahun 2022. Sementara Itu, Pada Pengadilan Tingkat Banding, Jumlah Perkara Banding Yang Telah Didaftarkan Dengan Menggunakan Aplikasi E-court Pada Tahun 2023 Adalah Sebanyak 6.644 Perkara.

      dari Jumlah Perkara Yang Terdaftar Ditambah Dengan Sisa Perkara Tahun Yang Lalu, Maka Sebanyak 4.685 Perkara Telah Selesai Diputus Secara E-litigasi. Jumlah Pengguna Terdaftardan Pengguna Lainnya Yang Menggunakan Layanan E-court Sampai Dengan Tanggal 31 Desember 2023 Tercatat Sebanyak594.816 Pengguna, Yang Terdiri Dari 239.984 Pengguna Terdaftar Dari Kalangan Advokat Dan 354.832 Pengguna Lainnya Dari Kalangan Perorangan, Pemerintah, Badan Hukum, Dan Kuasa Insidentil.

      berdasarkan Data Yang Diuraikan Di Atas, Maka Jumlah Perkara Yang Didaftar Dan Diselesaikan Menggunakan Sistem Peradilan Elektonik Jumlahnya Terus Meningkat Dari Tahun Ke Tahun Seiring Dengan Meningkatnya Jumlah Pengguna Layanan Peradilan Elektronik. Hal Ini Sebagai Dampak Positif Dari Percepatan Implementasi Sistem Peradilan Elektronik Ketika Terjadinya Pandemi Covid-19, Sehingga Perlahan Tapi Pasti, Ke Depannya Semua Penyelesaian Perkara Akan Bermigrasi Dari Penyelesaian Perkara Secara Konvensional Ke Penyelesaian Perkara Secara Elektronik. (azh/rs/photo:alf,sno,adr)

  • Berita Informasi Badan Peradilan Umum (Badilum)

    • Di Hadapan Presiden, Ketua Mahkamah Agung Ri Sampaikan Capaian Dalam Laporan Tahunan 2023

      mahkamah Agung Ri Kembali Menggelar Sidang Istimewa, Dengan Agenda Tunggal Penyampaian Laporan Tahunan 2023. Kegiatan Ini Diselenggarakan Di Assembly Hall, Jakarta Convention Center, Pada Hari Selasa, 20 Februari 2024. 

      kegiatan Ini Diawali Dengan Penampilan Paduan Suara Universitas Diponegoro Yang Membawakan Lagu Nasional Dan Daerah. Kemudian, Para Ketua Pengadilan Tingkat Pertama Dan Tingkat Banding Dari 4 Lingkungan Pengadilan Memasuki Ruang Sidang Istimewa Dengan Mengenakan Toga Sesuai Lingkungan Peradilan Masing-masing. kemudian Para Pejabat Eselon I, Termasuk Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum, H. Bambang Myanto, S.h., M.h., Mengikuti Prosesi Dengan Pakaian Sipil Lengkap (psl). kemudian, Dilanjutkan Dengan Prosesi Para hakim Agung Mahkamah Agung Ri.

      presiden Republik Indonesia, h. Ir. Joko Widodo Turut Menghadiri Sidang Istimewa Ini. capaian Instansi Selama Tahun 2023 Disampaikan Oleh Ketua Mahkamah Agung Ri, Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.h., M.h. beliau Pada Kesempatan Ini Menekankan Upaya Meningkatkan Integritas Aparat Peradilan Dan Kualitas Layanan Hukum Pada Masyarakat. Dalam Sambutannya, Presiden Republik Indonesia Juga Mengapresiasi Kinerja Mahkamah Agung Ri Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Hukum.

      kegiatan Ini Selain Diikuti Aparat Peradilan Juga Dihadiri Perwakilan Mahkamah Agung Dari Negara-negara Sahabat, Yaitu Dari Malaysia, Singapura, Australia, Qatar, Kuwait, China, Saudi Arabia Dan Rusia.

    • Selalu Ramai Pengunjung, Booth Ditjen Badilum Raih Juara 3 Pameran Kampung Hukum 2024

      walaupun Telah Memasuki Hari Kedua Sekaligus Hari Terakhir Pameran Kampung Hukum 2024, Antusiasme Dan Minat Pengunjung Sepertinya Belum Juga Surut. Hal Ini Terlihat Dari Booth Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum Yang Tak Sepi Pengunjung Pada Selasa, 20 Februari 2024. Selain Dari Lingkungan Peradilan, Banyak Juga Masyarakat Umum Yang Mengunjungi booth ditjen Badilum seperti Mahasiswa, Akademisi, Dan Lainnya. Selain Itu, Beberapa Hakim Agung Juga Menyempatkan Diri Untuk Mengunjungi booth Ditjen Badilum, Di Antaranya, Yang Mulia Dr. Prim Haryadi, S.h., M.h., Yang Mulia Dr. Lucas Prakoso, S.h., M.hum., Yang Mulia Maria Anna Samiyati, S.h., M.h., Dan Yang Mulia Dr. Hj. Rahmi Mulyati, S.h., M.h. Selain Itu, Turut Mengunjungi booth ditjen Badilum Adalah Chief Justice Of Singapore, Sundaresh Menon, Beserta perwakilan Lainnya Dari Mahkamah Agung Singapura. 

      bersamaan Dengan Hari Terakhir Pameran Kampung Hukum 2024, Penutupan Dilakukan Oleh Rudy Sudianto, S.h., M.m., Kepala Bagian Hubungan Antar Lembaga Badan Urusan Administrasi. Selain Itu, Diumumkan Juga Pemenang Untuk Lomba booth terfavorit Dan booth terbaik. Pada Pengumuman Tersebut, Ditjen Badilum Berhasil Meraih Juara 3 booth terbaik Pada Pameran Kampung Hukum 2024. Pada Akhir Rangkaian Kegiatan Pameran Kampung Hukum 2024, Biro Hukum Dan Humas Mahkamah Agung Ri Menampilkan Hiburan Dengan Menghadirkan Band padi Reborn Yang Berhasil Mengguncang Ruang Cenderawasih Jakarta Convention Center Sekaligus Menyemarakkan Penutupan Pameran Kampung Hukum 2024 Kali Ini.