logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur

Komplek Perkantoran Bukit Menderang, Desa Rano, Muara Sabak, Tanjung Jabung Timur

Penyerahan Piagam Penghargaan Kepada Hakim dan Pegawai Berdedikasi, Semangat dalam Bekerja di Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur

Penyerahan Piagam Penghargaan Kepada Hakim dan Pegawai Berdedikasi, Semangat dalam Bekerja di Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur

MUARA SABAK – Dalam rangka memotivasi Pegawai Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur Bapak Rais Torodji, SH, MH memberikan piagam penghargaan yang bertujuan untuk meningkatkan disiplin kerja serta peningkatan kwalitas kinerja. Bertempat di Ruang Sidang Utama Ketua Pengadilan Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur Bapak Rais Torodji, SH, MH, menyerahkan langsung penghargaan (reward) berupa Piagam Penghargaan kepada 2 (dua) orang yaitu Ibu Hakim Eka Kurnia Nengsih, SH, MH yang di serahkan oleh Ketua Pengadilan Bapak Rais Torodji, SH, MH

dan Panitera Pengganti Bapak Fajar Surya Purnama, SH di serahkan oleh Wakil Ketua Bapak Gandung, SH, M.Hum.

Penghargaan ini diberikan dengan kategori Dedikasi, Semangat dalam Bekerja di Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur.

Selengkapnya







  • Berita Terbaru Mahkamah Agung

    • Pembinaan Teknis Dan Administrasi Yudisial Secara Virtual Di Bali

      bali " Humas : Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. M. Syarifuddin, Sh., Mh Bersama Para Pimpinan Mahkamah Agung Melakukan Pembinaan Teknis Dan Administrasi Yudisial Secara Virtual Bagi Para Ketua / Kepala, Wakil Ketua / Wakil Kepala, Hakim, Panitera Dan Sekretaris Pengadilan Tingkat Banding Dan Tingkat Pertama Pada 4 (empat) Lingkungan Peradilan Seluruh Indonesia, Pada Hari Jumat, 9/4/2021 Bertempat Di Ball Room Hotel Sheraton Kuta Bali.

      dalam Pembinaan Ini, Ketua Mahkamah Agung Mengatakan Beberapa Waktu Yang Lalu, Pemerintah Telah Mengeluarkan Himbauan Untuk Tidak Melakukan Mudik Lebaran Tahun Ini. Saya Sangat Memahami, Pasti Akan Sangat Berat Bagi Para Hakim Dan Aparatur Peradilan Yang Tidak Membawa Serta Keluarga Ke Tempat Tugasnya, Untuk Merayakan Hari Raya Idul Fitri. Namun Apa Boleh Buat, Kita Sebagai Aparatur Negara Di Bidang Penegakan Hukum Harus Menjadi Contoh Yang Baik Bagi Masyarakat Pada Umumnya. Larangan Mudik Yang Dikeluarkan Oleh Pemerintah Tersebut Ditujukan Untuk Menjaga Keselamatan Dan Kesehatan Kita Semua. Tentunya Hal Tersebut Memerlukan Kepatuhan Dan Kedisiplinan Dari Semua Komponen, Termasuk Kita Sebagai Aparatur Negara. Oleh Karena Itu, Dalam Forum Pembinaan Ini, Saya Menghimbau Kepada Para Hakim Dan Aparatur Peradilan Di Seluruh Indonesia Untuk Tetap Bersabar Diri Sampai Dengan Kondisinya Membaik.

      lebih Lanjut Prof. Syarifuddin Menyatakan Mahkamah Agung Telah Menerbitkan Sema Nomor 3 Tahun 2021 Tentang Larangan Pungutan Terkait Pengambilan Sumpah Atau Janji Advokat. Ada 3 Hal Penting Yang Harus Di Cermati Dengan Baik Oleh Para Ketua Pengadilan Tinggi, Yaitu :

      1. Pelaksanaan Kegiatan Pengambilan Sumpah Atau Janji Advokat Harus Dilaksanakan Secara Transparan Dan Akuntable Sebagai Upaya Untuk Mewujudkan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wbk Dan Wbbm;

      2. Pengadilan Tinggi Dilarang Untuk Memungut Atau Menerima Biaya Pelaksanaan Pengambilan Sumpah Atau Janji Advokat, Kecuali Ditentukan Lain Oleh Ketentuan Peraturan Perundang - Undangan Maksud Dari Biaya Yang Dikecualikan Oleh Sema Tersebut Adalah Biaya Honorium Juru Sumpah Dan Pnbp.selain Itu , Pengadilan Tidak Boleh Membebankan Biaya Kepada Para Advokat Yang Disumpah;

      3. Pelaksanaan Pengambilan Sumpah Atau Janji Advokat Dilaksanakan Di Kantor Pengadilan Tinggi Di Wilayah Domisili Hukumnya.

      agar Para Hakim Dan Apartur Peradilan Senantiasa Berhati-hati Dalam Menggunakan Media Sosial. Gunakanlah Media Sosial Hanya Untuk Kegiatan-kegiatan Yang Positif. Jangan Menjadikan Media Sosial Sebagai Tempat Untuk Berkeluh Kesah Dan Menumpahkan Kekesalan Serta Berhati-hati Dalam Memposting Atau Mengunggah Foto-foto Di Media Sosial Yang Kurang Pantas Untuk Menjadi Konsumsi Publik Sehingga Dapat Merendahkan Harkat Dan Martabat Hakim Dan Aparatur Peradilan, Tutur Pria Kelahiran Baturaja.

      apa Yang Diucapkan Seorang Hakim Di Ruang Sidang Akan Menjadi Hukum Bagi Para Pihak Yang Berperkara, Sedangkan Yang Diucapkannya Di Ruang Publik Akan Menjadi Hukum Bagi Dirinya Sendiri. Oleh Sebab Itu, Marilah Kita Senantiasa Bijak Untuk Mengekspresikan Setiap Ucapan Dan Tindakan Di Ruang-ruang Publik Karena Apa Yang Kita Ucapkan Dan Apa Yang Kita Lakukan Akan Menggambarkan Pribadi Kita Yang Sesungguhnya., Ucap Mantan Ketua Kamar Pengawasan.

      acara Pembinaan Ini Juga Dihadiri Oleh Hakim Agung, Hakim Adhoc, Pejabat Eselon I Dan Ii Dilingkungan Mahkamah Agung Serta Hakim Yustisial Dengan Tetap Menerapkan Protokol Kesehatan Yang Ketat. (humas)

    • Ma Laksanakan Simulasi Manajemen Keselamatan Saat Terjadi Kebakaran

      jakarta-humas Ma : Mahkamah Agung (ma) Melaksanakan Kegiatan Simulasi Manajemen Keselamatan Kebakaran Gedung Sekaligus Uji Alarm Pada Kamis, 8 April 2021. Kegiatan Ini Bekerja Sama Dengan Dinas Penanggulangan Kebakaran Dan Penyelamatan Provinsi Dki Jakarta

      kepala Biro Umum Ma, Supandi., S.h., M.h.dalam Sambutannya Mengatakan Tujuan Dari Kegiatan Ini Adalah Untuk Menjalin Silaturahmi Antara Ma Dengan Dinas Penanggulangan Kebakaran Dan Penyelamatan Provinsi Dki Jakarta, Selain Itu Karena Banyaknya Kejadian Kebakaran Gedung Di Jakarta Mendorong Ma Untuk Melakukan Simulasi Kebakaran Gedung Untuk Mewujudkan Keselamatan Penghuni Bangunan Dari Kebakaran Dengan Mengupayakan Kesiapan Instalasi Proteksi Kebakaran Agar Kinerjanya Selalu Baik Dan Siap Dipakai.

      kegiatan Ini Menghadirkan Narasumber Dari Dinas Penanggulangan Kebakaran Dan Penyelamatan Provinsi Dki Jakarta, Sepuloh, S.pd, Mmt, ,deni Baskoro,s.kom Dan Anton Putra P.

      acara Simulasi Ini Diikuti Oleh Pengelola Gedung Pada Biro Umum, Perwakilan Dari Masing-masing Lantai Di Gedung Ma, Keamanan Dan Teknisi Pada Ma Dengan Tetap Menerapkan Protokol Kesehatan.(erw)

  • Berita Informasi Badan Peradilan Umum (Badilum)

    • Ketua Mahkamah Agung Meresmikan Dan Mengujicoba Command Center Ditjen Badilum

      setelah Menyerahkan Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu, Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof. Dr. Muhammad Syarifuddin,sh.,mh Meresmikan Dan Mengujicoba Command Center Ditjen Badilum Yang Terletak Di Gedung Sekretariat Mahkamah Agung Ri, Lantai 3, Jl Ahmad Yani Kav 58, Cempaka Putih.

      dalam Ujicoba Ini, Ketua Mahkamah Agung Ri Melakukan Teleconference Dengan Para Ketua Pengadilan Tinggi Se-indonesia, Sekaligus Melakukan Pengawasan Terhadap Kinerja Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (sipp). Dalam Teleconference Ini, Beliau Mengawasi Kebutuhan Sumberdaya Di Pengadilan, Penyelesaian Perkara (terutama Pelaksanaan Eksekusi) Serta Bagaimana Pelaksanaan Sidang Online Di Satuan Kerja Di Daerah.

      dalam Kesempatan Ini, Juga Diberikan Arahan Kepada Para Pimpinan Pengadilan Tinggi Agar Meningkatkan Kinerja Dan Mengatasi Kendala Seperti Kekurangan Pegawai Dan Hambatan Dalam Melaksanakan Eksekusi.

    • Pembinaan Ketua Mahkamah Agung Ri Pada Penyerahan Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu

       ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Prof. Dr. Muhammad Syarifuddin,sh.,mh Menghadiri Dan Memberikan Pembinaan Pada Kegiatan Penyerahan Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu Pada Peegadilan Negeri Dan Pengadilan Tinggi Yang Diselenggarakan Pada Hari Rabu, 7 April 2021.

      ketua Mahkamah Agung Mengapresiasi Satuan Kerja Yang Berhasil Mendapat Akreditasi A, Dan Meminta Agar Satuan Kerja Yang Masih Mendapat Nilai B Atau Bahkan Disclaimer Untuk Segera Meningkatkan Kinerja Pada Satuan Kerjanya Masing-masing.

      selain Itu, Beliau Meminta Pihak Peradilan Umum Untuk Menindaklanjuti Laporan Dari Badan Pemeriksa Keuangan (bpk) Yang Menemukan Beberapa Permasalahan, Yaitu:

      Regulasi Dan Kebijakan Yang Mengatur Mutasi Belum Memadai Prose Minutasi Belum Sesuai Prosedur Supervisi Sipp Prosedur Pengajuan Banding Belum Sesuai

       beliau Juga Menyampaikan Penghargaan Dan Apresiasi Pada Mediator Di Pengadilan Negeri Yang Berhasil Meningkatkan Kesuksesan Mediasi Para Pihak Berperkara, Sehingga Dapat Menyelesaikan Perkara Yang Menguntungkan Kedua Pihak.

      dalam Kesempatan Ini, Beliau Juga Meminta Agar Para Aparat Pengadilan Aktif Memanfaatkan Teknologi Informasi Untuk Membantu Kinerja. Beliau Memberi Contoh Pelaksanaan Surveilan Akreditasi Yang Dapat Dilaksanakan Meski Dalam Kondisi Pandemi, Dengan Menggunakan Pertemuan Secara Darin (online).