logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur

Komplek Perkantoran Bukit Menderang, Desa Rano, Muara Sabak, Tanjung Jabung Timur

Anjangsana Anggota Dharmayukti Karini (DYK) Cabang Tanjung Jabung Timur

Muara Sabak – Ketua Dharmmayukti Karini (DYK) Cabang Tanjung Jabung Timur Ibu Rachmawati, SH, MH bersama pengurus dan anggota DYK melaksanakan Anjangsana ke Pondok Pesantren Tahfiz Al-Qur’an Nur AD-Darajat. (11/10/19)
[Selengkapnya…]







  • Berita Terbaru Mahkamah Agung

    • Ketua Ma Hadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

      jakarta " Humas Ma: Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia, Dr. H. Muhammad Syarifuddin, Sh., Mh. Menghadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual Pada Senin, 1 Juni 2020 Di Ruang Command Centre Mahkamah Agung. Pada Upacara Yang Dipimpin Langsung Oleh Presiden Joko Widodo Dari Istana Bogorini, Ketua Mahkamah Agung Didampingi Oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial, Dr. Sunarto, Sh., Mh.

      upacara Dengan Tema Pancasila Dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju Itu Dihadiri Oleh Wakil Presiden K.h. Maruf Amin, Para Pimpinan Lembaga Negara Dan Para Menteri Dari Ruangan Masing-masing. Upacara Didahului Dengan Pembacaan Teks Pancasila Oleh Ketua Mpr Bambang Soesatyo, Dilanjutkan Dengan Pembacaan Teks Uud 1945 Oleh Ketua Dpr Puan Maharani.

      dalam Amanatnya, Presiden Joko Widodo Menyampaikan Bahwa Peringatan Hari Lahir Pancasila Di Tengah Pandemi Covid Ini, Menguji Daya Juang Sebagai Bangsa. Menguji Pengorbanan, Kedisiplinan, Kepatuhan, Ketenangan Dalam Mengambil Langkah Kebijakan Yang Cepat Dan Tepat.

      jokowi Menegaskan Bahwa Dalam Menghadapi Ujian Tersebut, Bangsa Indonesia Harus Bersyukur Bahwa Pancasila Tetap Menjadi Bintang Penjuru Untuk Menggerakkan Persatuan Dalam Mengatasi Semua Tantangan. Pancasila Juga Menggerakkan Rasa Kepedulian Untuk Saling Berbagi, Memperkokoh Persaudaraan Dan Kegotongroyongan Untuk Meringankan Beban Seluruh Anak Negeri Dan Menumbuhkan Daya Juang Dalam Mengatasi Kesulitan Dan Tantangan Yang Dihadapi.

      pada Kesempatan Tersebut Pula, Jokowi Berpesan Bahwa Pancasila Harus Menjadi Nilai-nilai Luhur Dalam Kehidupan Keseharian, Pancasila Harus Menjadi Nilai Yang Hidup Dan Bekerja Dan Kehidupan. Pancasila Harus Menjadi Nilai Yang Terus Bergelora Dalam Semangat Rakyat Indonesia.

      acara Ditutup Dengan Menyanyikan Lagu Garuda Pancasila Bersama-sama.

      selamat Hari Lahir Pancasila, Semoga Nilai Luhurmu Terus Bergelora Dalam Semangat Rakyat Indonesia. (azh/rs/photo:ds)

    • Seluruh Warga Mahkamah Agung Dan Badan Peradilan: Terima Kasih Prof. Hatta

      jakarta " Humas Ma: Prof. Dr. M. Hatta Ali, Sh., Mh., Ketua Mahkamah Agung Ke-13 Telah Memasuki Masa Pensiun Pada 30 April 2020 Lalu. Pria Asal Pare Pare Ini Memimpin Mahkamah Agung Dalam Dua Periode, Yaitu Periode 2012-2016 Dan Periode 2016-2020.

      di Bawah Kepemimpinannya, Mahkamah Agung Telah Berhasil Dalam Banyak Hal, Dan Yang Paling Mengena Kepada Masyarakat Adalah Bahwaprof Hatta Telah Mengubah Paradigma Penyelenggaraan Peradilan Dan Pelayanan Terhadap Masyarakat Pencari Keadilan, Dari Manual Ke Digital, Era Yang Dicanangkan Itu Disebut Sebagai Era Baru Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi. Beberapa Di Antaranya Adalah E-court, E-summons, E-filling, E-litigation, Dan Aplikasi Elektronik Lainnya Di Mana Masyarakat Indonesia Sudah Bisa Merasakan Hasilnya Bersama.

      selain Itu Dalam Bidang Manajemen Penanganan Perkara, Di Bawah Kepemimpinan Prof. Hatta, Mahkamah Agung Berhasil Membangun Sistem Kamar Dan Mengikis Sisa Perkara Di Mahkamah Agung, Dari Jumlah 10.112 Perkara Pada Tahun 2012 Hingga Hanya 217 Perkara Pada Tahun 2019. Dalam Bidang Teknis, Mahkamah Agung Banyak Melakukan Pembaruan Hukum Acara Antara Lain Dalam Gugatan Sederhana, Prosedur Mediasi Di Pengadilan, Pedoman Mengadili Perkara Perempuan Berhadapan Dengan Hukum, Pedoman Beracara Dalam Sengketa Penetapan Lokasi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum Dan Keberatan Terhadap Penetapan Ganti Kerugian Dalam Pengadaan Tanah Untuk Kepentingan Umum, Serta Penanganan Tindak Pidana Korporasi.

      dalam Bidang Non Teknis, Laporan Keuangan Mahkamah Agung Berhasil Mendapatkan Predikat Wajar Tanpa Pengecualian Sebanyak 7 Kali Berturut-turut, Hampir 100 % Satuan Kerja Pengadilan Di Indonesia Telah Mendapatkan Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan, Dan 70 Satuan Kerja Pengadilan Mendapatkan Penghargaan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi/wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani, Serta Masih Banyak Capaian Dan Penghargaan Lainnya.

      selama Kepemimpinannya, Hatta Ali Mendapatkan Beberapa Anugerah Di Antaranya Sebagai Pemimpin Perubahan Tahun 2018 Dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi, Dan Juga Anugerah Sebagai Pemimpin Perubahan Tahun 2019 Dari Wakil Presiden Republik Indonesia.

      terkait Hal Tersebut, Pada Pidato Perdananya, Rabu 13 Mei 2020 Lalu, Dr. M. Syarifuddin, Sh., Mh, Ketua Mahkamah Agung Terpilih Ke 14 Menyampaikan Terima Kasihnya Kepada Hatta Ali Atas Semua Capaian Yang Telah Diraihnya Dan Bertekad Akan Meneruskan Itu Semua. Dalam Kesempatan Ini, Kita Seluruh Warga Mahkamah Agung Dan Badan Peradilan Menyampaikan Ucapan Terima Kasih Kepada Beliau Dan Sejarah Akan Mencatat Dengan Tinta Emas Seluruh Pengabdian Yang Telah Beliau Sumbangkan Untuk Lembaga Mahkamah Agung Dan Badan Peradilan Sebagai Bapak Pembaruan Peradilan Indonesia. Semoga Kita Semua Dapat Melanjutkan Serta Meningkatkan Capaian Dan Keberhasilan Yang Telah Dicapai Di Bawah Kepemimpinan Beliau, Harap Dr. Syarifuddin.

      dr. Syarifuddin Menambahkan Bahwa Tanggal 30 April 2020 Yang Lalu, Prof. Dr. M. Hatta Ali, S.h., M.h. Telah Menyelesaikan Masa Tugasnya Dan Memasuki Masa Purnabakti. Namun Karena Adanya Pandemi Covid-19, Seluruh Acara Yang Telah Kita Agendakan Dan Telah Kita Susun Dengan Baik Untuk Melepas Beliau, Terpaksa Gagal Dilaksanakan. Insyaallah Jika Pandemi Covid-19 Telah Berakhir Kita Akan Melepas Beliau Dengan Acara Wisuda Purnabakti, Ujarnya.

      terima Kasih Prof. Hatta Atas Semua Daya Upaya, Kerja Keras, Doa, Ide, Dan Kemajuan Untuk Peradilan Indonesia, Semoga Tuhan Membalasnya Dengan Kebaikan Berlipat. Jasamu Abadi, Bapak. (azh/rs/photo:pn)