logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Tanjung Jabung Timur

Komplek Perkantoran Bukit Menderang, Desa Rano, Muara Sabak, Tanjung Jabung Timur

Anjangsana Anggota Dharmayukti Karini (DYK) Cabang Tanjung Jabung Timur

Muara Sabak – Ketua Dharmmayukti Karini (DYK) Cabang Tanjung Jabung Timur Ibu Rachmawati, SH, MH bersama pengurus dan anggota DYK melaksanakan Anjangsana ke Pondok Pesantren Tahfiz Al-Qur’an Nur AD-Darajat. (11/10/19)
[Selengkapnya…]







  • Berita Terbaru Mahkamah Agung

    • Rapat Dengar Pendapat Komisi Iii Dpr Ri Dengan Ketua Pengadilan Tinggi Dki Jakarta

      humas Ma: Dalam Rangka Masa Persidangan Ii Tahun Sidang 2019-2020, Komisi Iii Dpr Ri Melakukan Kunjungan Dan Rapat Dengar Pendapat Dengan Ketua Pengadilan Tinggi Dki Jakarta Pada Selasa 18 Pebruari 2020, Berlangsung Di Aula Pengadilan Tinggi Dki Jakarta.

      rapat Dengar Pendapat Yang Dipimpin Oleh Ketua Tim Komisi Iii Dpr Ri, Dr. Ir. H. Adies Kadir, Sh., M.hum, Dihadiri Oleh Ketua Pengadilan Tinggi Dki Jakarta, H. Sunaryo, Sh., Mh, Sekretaris Pengadilan Tinggi Dki Jakarta, Beserta Jajarannya, Dengan Agenda Meminta Penjelasan Mengenai;

      Pengelolaan Sipp Terkait Peretasan Website Pada Bulan Januari 2020, Serta Dampak Peretasan Dan Solusi Kedepan; Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Penunjang Tusi; Mekanisme Koordinasi Dengan Pengadilan Tinggi Dan Mahkamah Agung Terkait Putusan Yang Di Publish Di Webite.

      adapun Komisi Iii Dpr Ri Yang Melakukan Rapat Dengar Pendapat Tersebut Yakni;

      Dr. Ir. H. Adies Kadir, Sh.,m.hum Hj. Adde Rosi Khoerunnisa, S. Sos.,m.si Supriansa, Sh.,mh Ir. Hj. Sari Yuliati, Mt Eva Yuliana, M.si H. Moh. Rano Al Fath, Sh.,mh N.m. Dipo Nusantara Pua Upa, Sh.,m.kn H. Santoso, Sh Komjen (purn.) Drs. H. Adang Daradjatun Dr.h.r. Achmad Dimyati Natakusumah, Sh.,mh.,m.si H. Asrul Sani, Sh.,m.si

      menanggapi Pertanyaan Komisi Iii Dpr Ri, Ketua Pengadilan Tinggi Dki Jakarta, H. Sunaryo, Sh.,mh Mengatakan Bahwa Dampak Peretasan Administrasi Pendaftaran Perkara Tidak Terganggu, Menurutnya Sudah Dilakukan Restore (pemulihan Data), Sudah Normal Kembali Dan Bisa Diakses Pada Tanggal 22 Desember 2019, Sedangkan Untuk Sarana Dan Prasarananya Masih Sangat Terbatas Sumber Daya Manusia..

      lebih Lanjut Sunaryo Mengatakan, Pengadialn Tinggi Sebagai Kawal Depan Mahkamah Agung, Secara Rutin Melakukan Pembinaan Dan Pendampingan Terhadap Pengadilan Negeri Se Dki Jakarta, Dalam Tugas Dan Fungsi Sebagai Peradilan Tingkat Banding Dan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi, Pembinaan Akreditasi Serta Melaksanakan Pengawasan Dari Badan Pengawasan Mahkamah Agung (bawas) Secara Rutin Maupun Insidentil.

      rapat Dengar Pendapat Tersebut Diakhiri Dengan Foto Bersama Komisi Iii Dpr Ri Dengan Ketua Pengadilan Tinggi Dki Jakarta Beserta Jajarannya. (enk/rs/photo:sf).

    • Ma Akan Selenggarakan Pameran Kampung Hukum Tahun 2020

      jakarta- Humas: Setiap Tahunnya, Sebagai Bukti Pertanggungjawaban Kepada Masyarakat, Mahkamah Agung Republik Indonesia Menyelenggarakan Sidang Pleno Istimewa Laporan Tahunan Mahkamah Agung. Dalam Acara Yang Dihadiri Oleh Seluruh Pimpinan Mahkamah Agung, Hakim Agung, Hakim Ad-hoc, Para Ketua Pengadilan Tingkat Banding Dari Seluruh Indonesia, Para Ketua Mahkamah Agung Dari Berbagi Negara, Serta Para Pimpinan Lembaga/ Kementerian Ri Ini, Ketua Mahkamah Agung Ri Akan Menyampaikan Pidato Laporan Tahunan Mahkamah Agung Terkait Capaian, Prestasi, Jumlah Perkara Putus, Jumlah Sisa Perkara, Dan Yang Lainnya.

      berbarengan Dengan Acara Laporan Tahunan Tersebut, Mahkamah Agung Juga Menyelenggarakan Sosialisasi Hukum Kepada Publik Melalui Kegiatan Bertajuk Pameran Kampung Hukum. Pameran Yang Sudah Berlangsung Sejak Tahun 2008 Ini, Bertujuan Untuk Memberikan Akses Semudah-mudahnya Kepada Masyarakat Untuk Mendpatkan Informasi Langsung Terkait Apa Itu Mahkamah Agung, Tugas Dan Fungsinya, Aneka Kebijaknnya Dan Informasi Lainnya. Acara Yang Dikemas Dengan Suasana Menyenangkan Ini Diikuti Oleh Kementrian/lembaga Hukum Yang Memamerkan Berbagai Kebijakan Dan Prestasinya Masing-masing.

      tahun Lalu, Pameran Kampung Hukum Diselenggarakan Di Jakarta Convention Centre Pada 27 Februari 2019. Acara Dihadiri Oleh Kurang Lebih 1000 Pengunjung Yang Terdiri Dari Mahasiswa, Pelajar, Advokat, Dan Masyarakat Umum. Pameran Diisi Dengan Beragam Kegiatan Seperti Talkshow, Gim, Dan Serangkaian Kegiatan Lain. Pameran Bukan Hanya Menjadi Ajang Publikasi Kebijakan, Prestasi Dan Capaian Kinerja, Namun Juga Menjadi Ajang Mencari Ilmu Dan Pengetahuan Terkait Hukum Bagi Para Pengunjung.

      seperti Tahun-tahun Sebelumnya, Tahun Ini Mahkamah Agung Juga Akan Menyelenggarakan Acara Pameran Kampung Hukum Yang Berbarengan Dengan Acara Sidang Pleno Istimewa Laporan Tahunan Mahkamah Agung. Pameran Kampung Hukum Tahun Ini Berbeda Dengan Tahun-tahun Sebelumnya, Di Mana Biasanya Hanya Diselenggarakan Dalam Satu Hari, Tahun Ini Mengingat Banyaknya Antusias Pengunjung, Maka Pameran Kampung Hukum Tahun 2020 Akan Diadakan Selama Dua Hari Yaitu Pada 25-26 Februari 2020 Di Plenary Hall Jakarta Convention Centre, Dimulai Dari Pukul 08.00 " 16.00 Wib. Semoga Mayarakat Bisa Lebih Leluasa Untuk Berkunjung Dan Mendapatkan Infomasi Hukum. Kata Kepala Biro Hukum Dan Humas, Dr. Abdullah, Sh., Mh, Saat Technical Meeting Dengan Para Peserta Pameran Kampung Hukum Pada 11 Februari 2020 Lalu. Dengan Bertambahnya Hari Pelaksanaan Pameran Ini, Masih Menurut Abdullah, Diharapkan Informasi Yang Terdapat Di Pameran Kampung Hukum Bisa Diakses Masyarakat Dengan Semudah-mudahnya.

      kami Berharap Semua Perserta Bisa Memberikan Layanan Terbaik Kepada Masyarakat Pada Pameran Nanti, Terang Abdullah.

      pameran Kampung Hukum Tahun Ini Diikuti Oleh 31 Peserta Yang Terdiri Dari Satuan Kerja Eselon 1 Pada Mahkamah Agung, Lembaga/kementrian Di Bidang Hukum Seperti Mahkamah Konstitusi, Dewan Perwakilan Rakyat (dpr Ri), Majelis Permusyawaratan Rakyat (mpr Ri), Komisi Pemberantasan Korupsi (kpk), Komisi Yudisial (ky), Kepolisian Ri, Lembaga Perlindungan Saksi Dan Korban (lpsk), Otoritas Jasa Keuangan (ojk) Dan Yang Lainnya.

      beragam Kegiatan Akan Meramaikan Pameran Kampung Hukum Tahun 2020 Ini, Di Antaranya Yaitu, Talkshow Dengan Tema E-litigasi Sebagai Wujud Modernisasi Peradilan Yang Menghadirkan Para Narasumber Kompeten Di Bidangnya. Selain Itu Akan Diselenggarakan Juga Seminar Motivasi, Perlombaan Dari Masing-masing Booth Pameran Dan Aneka Gim Yang Bisa Diikuti Oleh Semua Pengunjung Di Masing-masing Booth Peserta.

      ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia, Prof. Dr. M. Hatta Ali, Direncanakan Akan Membuka Secara Resmi Acara Pameran Kampung Hukum 2020 Pada Hari Selasa, 25 Februari 2020 Pukul 08.00 Wib Di Plennary Hall Jakarta Convention Centre. Acara Ini Tidak Dipungut Biaya Dan Terbuka Untuk Umum. (azh/rs)

  • Berita Informasi Badan Peradilan Umum (Badilum)

    • Peluncuran (launching) Ruang Persidangan Modern Berbasis Teknologi Informasi Pengadilan Negeri Bogor

      dalam Rangka Mendukung Pencapaian Visi Mahkamah Agung Republik Indonesia Terwujudnya Badan Peradilan Indonesia Yang Agung Maka Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B Terus Melakukan Berbagai Upaya Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Bagi Masyarakat Pencari Keadilan;

      peluncuran Ruang Persidangan Modern Berbasis Teknologi Informasi Di Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B Merupakan Langkah Nyata Pengadilan Sebagai Unit Kerja Di Bawah Mahkamah Agung Dalam Mendukung Dan Melaksanakan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia (perma) Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Administrasi Perkara Dan Persidangan Di Pengadilan Secara Elektronik, Yang Menjamin Akuntabilitas, Kredibilitas Dan Transparansi, Melalui Optimalisasi Penggunaan Perangkat Elektronik Yang Modern Dengan Berbasis Teknologi Informasi Terpadu;

      ruang Persidangan Tersebut Selanjutnya Akan Digunakan Dalam Proses Pemeriksaan Perkara Baik Pidana Maupun Perdata, Dengan Kelengkapan Alat Yang Tersedia Tersebut Misalnya Dalam Hal Pemeriksaan Saksi Atau Ahli Di Pengadilan Dapat Dilakukan Secara Jarak Jauh Dengan Menggunakan Video Conference. Dalam Sambutannya Ketua Pengadilan Negeri Bogor Kelas I B Bapak H. Ridwan, S.h., M.h. Menyampaikan Bahwa Peralatan Berbasis Teknologi Informasi Yang Tersedia Pada Ruang Persidangan Modern Ini Diperoleh Atas Bantuan Atau Hibah Dari Pemerintah Kota Bogor Dalam Rangka Mendukung Dan Merealisasikan Program Walikota Bogor Untuk Menjadikan Kota Bogor Sebagai Smart City/cyber City;

    • Pembinaan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Di Wilayah Pengadilan Tinggi Denpasar

      direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Dr. Prim Haryadi Sh, Mh, Mengadakan Pembinaan Di Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Denpasar, Pada 11-12 Februari 2020.

      pembinaan Ini Didahului Dengan Peninjauan Pembangunan Gedung Baru Pengadilan Negeri Badung, Pada Hari Selasa, 11 Februari 2020. Kegiatan Kemudian Dilanjutkan Dengan Pembinan Dan Peresmian Mushala Baitul Hikmah Di Pengadilan Negeri Denpasar. Kegiatan Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Diakhiri Dengan Pembinaan Di Pengadilan Tinggi Denpasar, Pada Rabu, 12 Februari 2020

  • Data Mutasi Hakim (TPM Hakim) Mahkamah Agung Republik Indonesia